Rekomendasi Wisata Rohani di Indonesia yang Perkuat Toleransi Beragama

Rekomendasi Wisata Rohani di Indonesia - Berbicara mengenai toleransi antar umat beragama, di tahun – tahun belakangan ini menjadi tahun krisis toleransi. Kita bisa saksikan berbagai permusuhan terjadi, pembantaian antara umat beragama berlangsung bahkan konflik antar umat beragama terjadi tanpa jeda di berbagai belahan bumi. Karena itu sebenarnya dunia sudah berada di titik balik permusuhan yang harus segera dihentikan.

Memang tidak mudah menghentikan konflik antara umat beragama dan meminimalisir intoleransi antar umat beragama. Akan tetapi semua itu bukan berarti tidak mungkin. Sepanjang masih ada naluri damai di hati manusia dan sepanjang masih ada kontribusi pemerintah serta pemuka agama untuk mendamaikan diantaranya, konflik yang terjadi bisa teredam.

Hal ini sudah terbukti di Indonesia. Salah satu hal yang dapat kita telaah di Indonesia sebagai salah satu cara meredam konflik antar umat beragama dan menjadi langkah yang berhasil dalam memperkuat toleransi antara umat beragama adalah dengan menciptakan wisata rohani yang memperkuat toleransi beragama. Berikut informasi lengkapnya untuk Anda mengenai daftar wisata rohani di Indonesia yang perkuat toleransi antara umat beragama.


Wisata Rohani di Indonesia yang Perkuat Toleransi Beragama


Bukit Kasih Kanonang
Bukit Kasih Kanonang by IG @irziandi

Wisata rohani Bukit Kasih Kanonang, Minahasa


Objek wisata rohani Bukit Kasih Kanonang lokasinya berada di Jalan Kawangkoan – Kanonang tepatnya berada di Kecamatan Kawangkoan Barat, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Lokasinya sekitar 55 meter dari Manado. Wisata rohani Bukit Kasih Kanonang dibangun di tahun 2002 dengan luas sekitar 4 hektar dimana Anda akan temukan sebanyak lima tempat ibadah di wisata ini. 

Jika Anda ingin sampai di puncak bukit, Anda perlu menaiki sebanyak 2432 anak tangga dengan pemandangan indah yang terhampar menemani perjalanan Anda. Selain Anda bisa menemukan sebanyak lima tempat ibadah, disini juga terdapat sebuah tugu yang disebut dengan tugu kasih dengan ketinggian mencapai 20 meter di puncaknya. Di pinggiran tugu ini akan Anda temukan penggalan tentang cinta kasih yang diambil dari berbagai kitab suci. 

Wisata rohani Taman Wisata Iman Sitinjo, Sumatera Utara


Taman Wisata Iman Sitinjo merupakan sebuah taman wisata yang dibangun sebagai wahana belajar tentang adanya perbedaan agama. Taman Wisata Iman Sitinjo didirikan di Desa Sitinjo, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Lokasi Taman Wisata Iman Sitinjo berada di perbukitan dengan panorama pemandangan hijau yang indah dan sejuk terbentang.

Wisata rohani Taman Wisata Iman Sitinjo tidak sekedar menjadi tempat berdirinya tempat – tempat ibadah dari lima agama yang diakui negara akan tetapi juga menjadi sebuah tempat yang menampilkan kisah sejarah dari lima agama tersebut. Tentu pengetahuan dan wawasan akan semakin Anda temukan dengan berkunjung di Taman Wisata Iman Sitinjo ini. 


Wisata rohani Panca Puja Mandala, Bali


Panca Puja Mandala merupakan sebuah wisata rohani di Bali yang dibangun atas dasar prakarsa dari PT Bali Tourism Development Corporation. Tempat ibadah yang pertama kali dibangun disini adalah Masjid Ibnu Batutah. Akhirnya setelah masjid ini dibangun, dengan mendapat bantuan dana hibah dibangun juga empat tempat ibadah lain di tahun 1994. 

Memang harus diakui bahwa Indonesia sangat butuh wisata rohani semacam itu untuk memperkuat toleransi antar umat beragama. Anda juga sekaligus dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan tentang agama – agama di Indonesia dengan berkunjung ke tempat wisata tersebut. 

Artikel Terkait