Jalan Menuju Pantai Kedung Tumpang, Destinasi Wisata Pantai Ciamik di Tulungagung

Jalan Menuju Pantai Kedung Tumpang - Tulungagung adalah salah satu daerah penghasil marmer terbanyak di Indonesia. Tidak hanya itu, Tulungagung ternyata juga memiliki sejumlah tempat wisata alam yang menarik sekali untuk dikunjungi. Salah satunya adalah pantai Kedung Tumpang yang akhir – akhir ini jadi bahan perbincangan di media sosial, khususnya di Instagram.

Destinasi wisata Pantai Kedung Tumpang di Tulungagung tersebut mempunyai lagoon layaknya angels billabong yang ada di Nusa Penida Bali jadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawannya. Namun untuk mengetahui informasi lebih detailnya mengenai destinasi wisata pantai ciamik di Tulungagung tersebut, mari simak  beberapa ulasannya di bawah ini.

Pesona Keindahan Wisata Pantai Kedung Tumpang Tulungagung


Pantai Kedung Tumpang
Pantai Kedung Tumpang by IG @malikhatuladelyah

Sebuah hamparan pasir putih yang bersih dipadu dengan ombak khas laut yang landai, gugusan karang, serta kolam yang terbentuk secara alami, menjadikan wisata pantai kedung tumpang di Tulungagung satu ini cepat naik daun.

Lagoon atau yang disebut dengan kolam alami ini terbentuk karena gelombang laut selatan yang sangat kuat, sehingga bentuk sebuah lubang di karang yang ada di sekitarnya. Jika dilihat dari ketinggian, kolam – kolam di pantai kedung tumpang ini tampak berwarna hijau kebiruan dengan gradasi kuning yang terlihat begitu menawan. 

Lokasi kolam tersebut cukup rendah dan sesekali tergusur oleh ombak, sehingga mampu hasilkan buih – buih putih nan indah. Pada saat lautnya sedang surut, kolam ini terlihat begitu tenang dan umumnya para pengunjung akan menceburkan diri ke kolam alami tersebut.

Tetapi Anda tetap harus waspada sebab ombak bisa saja datang kapan pun. Kolam yang bisa dijumpai di tempat wisata Tulungagung ini memang terlihat tidak beraturan dengan tinggi permukaan yang berbeda – beda pula. 

Namun ternyata yang demikian tersebut menjadikan warga setempat memberikan nama sebagai kedung atau lubuk, dan tumpang atau bersusun. Sementara itu, untuk bisa menuju ke tepi pantainya, para pengunjung harus melalui jalanan setapak yang cukup curam. Anda harus bisa menuruni bukit dengam kemiringan mencapai 45 derajat.

Tidak ada alat pengaman khusus yang bisa Anda gunakan untuk menuruni jalanan setapak tersebut. Tetapi, warga setempat sudah berinisiatif dengan memasangkan tali panjang yang dijadikan sebagai pegangan. Namun apabila Anda ingin jalanan yang agak landai, maka Anda harus memutar dengan jarak tempuh sekitar 400 meter.

Jalan Menuju Pantai Kedung Tumpang Tulungagung


Pantai kedung tumpang ini ada di dusun Pucanglaban, kecamatan Pucanglaban, tulungagung. Sebenarnya jalan menuju ke pantai kedung tumpang tersebut sangat mudah sekali, yakni Anda bisa melewati kota Tulungagung. Selain itu, pantai ini juga bisa ditempuh lewat Blitar. Namun sayangnya untuk kendaraan roda empat tak bisa mendekat sampai ke pantainya, kecuali mobil off road.

Apabila Anda bawa mobil, maka Anda harus memarkirkannya di daerah Puncanglaban. Selanjutnya untuk menuju ke pantai kedung tumpang Anda harus menggunakan jasa ojek dengan tarif Rp 15.000,00 untuk sekali jalan.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan seputar jalan menuju Pantai Kedung Tumpang, destinasi wisata pantai ciamik di Tulungagung. Semoga bisa jadi inspirasi bagi Anda yang ingin liburan seru dan menarik di daerah Tulungagung.

Artikel Terkait