Taman Nasional Meru Betiri (TNMB): Sejuk, Asri dan Alami

Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) - Meru Betiri National Park merupakan tempat wisata baru di Banyuwangi yang masih asri dan alami. Harga Tiket Masuk Taman Nasional Meru Betiri cukup terjangkau sebesar Rp 7.000 saja.

Mungkin sebelumnya anda belum pernah mendengar tentang Taman Nasional Meru Betiri (TNMB). Tempat Wisata di Banyuwangi ini memang tidak banyak dikenal oleh masyarakat luas karena masih belum banyak traveler yang pergi kesini dan menganggap sama dengan taman nasional lain yang ada di Indonesia.


Taman Nasional Meru Betiri
Taman Nasional Meru Betiri (sumber: instagram @vicky_ah106 )

Taman Nasional Meru Betiri (TNMB): Sejuk, Asri dan Alami


Meskipun demikian, saat Anda berkunjung ke Banyuwangi, tidak ada salahnya untuk sempatkan waktu luang untuk mengunjungi destinasi wisata alam ini karena selain anda dapat mengeksplorasi aneka flora dan fauna yang ada di sini, anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas alam menarik dan seru lainnya. 


Nama Meru Betiri sendiri diambil dari nama dua gunung yang ada di dua Kabupaten, yakni Banyuwangi dan Jember. Gunung tersebut ialah gunung Meru dan juga gunung Betiri. Diambilnya nama gunung dari dua kota yang berbeda karena lokasi tempat wisata ini berada di dua wilayah administratif tersebut. Lokasinya yang berada di dekat pantai, membuat anda berkesempatan untuk mengeksplor alam serta perairan laut yang ada di kawasan ini.


Flora dan Fauna


Ada banyak jenis flora dan fauna langka yang dapat anda temui saat berada di TNMB ini. Mulai dari bunga Raflesia, tanaman bakau, Balanphora Fungosa, waru, rengas, dan masih banyak aneka ragam jenis tumbuhan yang dilindungi hidup di kawasan ini. Selain itu ada pula berbagai jenis tanaman obat sehingga anda dapat belajar terkait obat-obatan herbal yang dapat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. 

Sedangkan jenis fauna yang ada di TNMB antara lain seperti lekang, ajag, penyu, kera ekor panjang, kumbang hitam, dan beberapa satwa liar seperti kucing hutan, trenggiling, landak, dan masih banyak lagi jenis fauna lainnya. Taman nasional merupakan surga bagi para pecinta alam untuk dapat mengeksplorasi secara langsung flora dan fauna langka dan dilindungi terutama yang merupakan habitat asli dari Indonesia. 


Konservasi Penyu


Kawasan TNMB merupakan kawasan konservasi penyu, dimana beraneka jenis penyu dikembang biakkan dan dirawat sebelum dilepaskan ke lautan lepas. Jumlah penyu yang semakin sedikit di dunia menjadikan keberadaan tempat ini sangat penting dan mendukung untuk eksistensi dari aneka jenis penyu. Jenis-jenis tersebut antara lain seperti penyu belimbing, penyu sisik, penyu hijau, dan beberapa jenis penyu langka lainnya. 
Pantai Bandealit

Kawasan TNMB juga sangat dekat dengan Pantai Bandealit yang terkenal indah khususnya pemandangan bawah lautnya. Untuk perjalanan menuju ke pantai tersebut, anda hanya akan menempuh waktu sekitar 1 jam hingga 1 setengah jam. Selama perjalanan menuju pantai Bandealit ini, anda dapat melihat secara langsung kehidupan monyet hiitam yang berkeliaran di kawasan hutan yang anda lalui menuju pantai. Saat tiba di pantai Bandealit pun ada banyak aktivitas olahraga laut yang dapat anda lakukan mulai dari berselancar, jet ski, naik kano, hingga bodysurfing. 


Lokasi Taman Nasional Meru Betiri


Untuk menuju ke Taman Nasional Meru Betiri ini, ada empat jalur yang anda dapat lalui dengan kendaraan darat, baik dari arah Jember maupun dari arah Banyuwangi. Bila anda datang dari arah Banyuwangi, anda dapat melewati kawasan Jajag, kemudian ke Pesanggaran, lalu ke Sarongan, hingga akhirnya ke Sukamade. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya anda menggunakan Google Maps, dan rute perjalanan sangat mudah karena melalui jalur lintas selatan.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Meru Betiri

Keterangan Harga
Harga Tiket Masuk Rp 7.000,-/orang
Wisatawan Asing Rp 50.000,-/orang
Bagi pengunjung dari dalam negeri, biaya masuk ke tempat wisata Banyuwangi ini hanya dikenakan sebesar Rp 7.000 saja. Sedangkan bagi wisatawan asing akan dikenakan biaya sedikit lebih mahal yakni sebesar Rp 50.000 per orang.

Artikel Terkait