Pantai Bangsring Banyuwangi: Wisata Sambil Snorkeling

Pantai Bangsring Banyuwangi - Pantai Bangsring merupakan tempat wisata konservasi terumbu karang di Banyuwangi. Fasilitas apa saja yang ada di Pantai Bangsring? Berapa harga tiket masuk Pantai Bangsring? Lalu dimana lokasi Pantai Bangsring? Simak ulasan berikut ini.

Seringnya pengguaan pukat harimau dan bom laut untuk menangkap ikan menjadikan keelokal terumbu karang sangat terancam. Meski saat ini Menteri Kelautan dan Perikanan di Indonesia sudah melarang cara tersebut untuk penangkapan ikan, namun apa yang telah dilakukan oleh para nelayan nakal di masa lampau menjadikan terumbu karang tidak lagi secantik aslinya.



Bila anda turut prihatin dengan kondisi tersebut, kini anda dapat berpartisipasi dalam menjaga terumbu karang dengan datang ke Pantai Bangsring di Banyuwangi untuk mendapatkan pengalaman wisata edukasi terkait terumbu karang dan melihat secara langsung konservasinya. 

Pantai Bangsring Banyuwangi: Wisata Sambil Snorkeling


Pantai Bangsring adalah pantai yang sering menjadi destinasi wisata para pecinta alam, dan juga merupakan surga bagi para penyelam. Pasalnya, kawasan tempat wisata alam Banyuwangi ini ada banyak segudang aktivitas air yang dapat anda lakukan sambil mengikuti pelatihan konservasi terumbu karang dalam agenda Marine Education yang diadakan oleh pengelola konservasi.

Faktanya, tempat ini sering dikunjungi oleh para wisatawan asing, terutama para pecinta alam yang juga belajar melindungi dan mengembang biakkan terumbu karang. 

Tempat Wisata Konservasi Terumbu Karang


Snorkeling dan Diving merupakan aktivitas yang dapat anda lakukan di Pantai Bangsring. Aktivitas ini tentu akan sangat memanjakan mata anda karena ada banyak keindahan alam bawah laut yang sangat dijaga oleh pusat konservasi.


Bagi para penyelam pemula, anda tidak perlu takut karena anda dapat mendapatkan pelajaran menyelam langsung dari ahli dan anda akan dipandu dengan sangat aman oleh mereka. Selain itu, gelombang ombak yang sangat tenang dan ramah tentu akan memudahkan anda dalam penyelaman. 

Berenang dengan Hiu


Selain snorkeling dan diving, anda juga dapat menantang adrenaline anda untuk berenang dengan dikelilingi ikan hiu yang berukuran kurang lebih 1 meter. Tidak perlu takut karena anda sangat aman dan dalam penjagaan ketat oleh pengawas, sehingga anda tidak perlu panik. Sebelum berenang bersama ikan hiu tersebut, anda diharapkan mendengarkan dengan baik dan mengikuti arahan dari pemandu. 

Rumah Apung Pantai Bangsring Banyuwangi


Dari bibir pantai, anda dapat menyeberang dengan kapal dan memakan waktu kurang lebih 15 menit untuk menuju ke Rumah Apung. Dinamakan rumah apung karena lokasinya yang mengapung di atas air laut dan berada sedikit di tengah laut. Namun tempat ini bukanlah hotel atau tempat dimana anda dapat menginap.

Anda hanya dapat berenang di sekitar kawasan rumah apung atau sekedar menikmati pemandangan hamparan lautan yang ada. Ya, rumah apung adalah persinggahan sementara bagi anda untuk menikmati pemandangan serta bagi para penyelam untuk memulai penyelaman.

Berukuran 27m x 7m, rumah apung ini juga dikelilingi oleh keramba ikan hias. Warga lokal memang memanfaatkan rumah apung sebagai pusat pengembang biakan ikan hias. Disini para pengunjung juga diperbolehkan untuk memasukkan kaki ke dalam keramba yang dipenuhi ikan, dan anda akan merasakan sensasi seperti digelitik atau dipijat oleh ikan-ikan kecil tersebut. Selain itu, pengunjung juga diperbolehkan untuk memberi makan ikan-ikan tersebut dengan pakan yang telah disediakan. 

Lokasi Pantai Bangsring


Dari penjelasan di atas, tentu dengan banyaknya aktivitas yang ditawarkan di sekitar Pantai Bangsring akan membuat anda membayangkan liburan indah dengan pemandangan alam bawah laut yang menawan, serta aktivitas yang beragam. Lokasi tempat wisata ini berada 22 km di sebelah timur Kabupaten Banyuwangi. Lokasi destinasi wisata ini juga dilalui oleh Jalur Pantura. Bila anda ingin melihat ke Google Maps untuk hasil yang lebih detail, anda dapat mengetik dengan kata kunci “Bangsring Banyuwangi” saja. 

Harga Tiket Masuk Pantai Bangsring

Keterangan Harga
Retribusi Rp 3.000,-/orang
Parkir Motor Rp 3.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Menyeberang Rp 7.000,- / Rp 10.000,-
Untuk biaya masuk ke kawasan Pantai, anda hanya akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp3.000 saja. Untuk biaya parkir berkisar dari Rp3.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat. Untuk biaya naik kapal untuk menyeberang ke Rumah Apung, pengunjung hanya akan dikenakan biaya berkisar Rp7.000 hingga Rp10.000. 

Artikel Terkait