Berbagai Taman Wisata dan Cagar Alam yang terkenal di Bogor

Berbagai Taman Wisata dan Cagar Alam yang terkenal di Bogor - Berwisata di Bogor memang telah diakui memiliki kekayaan akan keindahan alam yang sangat bagus dan berlimpah sekali. Jika ingin berlibur ke wisata bogor, begitu banyak pilihan di hadapan kita mulai dari wisata alam yang sudah indah sejak awal mula adanya, maupun taman wisata yang sudah dikelola secara profesional.

Cagar Alam di Bogor

Berbagai Taman Wisata dan Cagar Alam yang terkenal di Bogor


Berikut ini ulasan taman wisata dan cagar alam yang terkenal di Bogor.

Taman Safari

Taman Safari
Taman Safari (sumber: instagram @taman_safari)

Taman Safari Indonesia merupakan tempat wisata orientasinya pada habitat satwa yang hidup di alam bebas. lokasinya terletak di Desa Cibeureum kecamatan Cisarua, Bogor atau kawasan Puncak. Ketinggiannya 900-1800 m di atas permukaan laut, dengan suhu rata-rata 16 - 24 0C.


Berbagai koleksi binatang yang ada di Taman Safari seperti binatang buas terpelihara baik di sini yang dapat dilihat dari mobil yang disediakan untuk berkeliling lokasi. Aksi burung langka yang sudah jinak ditampilkan di hadapan pengunjung, oleh sebab itu taman Safari ini cocok sebagai sarana wisata pendidikan yang bagus khususnya untuk anak-anak.

Harga tiket terusan dewasa adalah sekitar Rp 150.000, sedangkan anak-anak Rp 140.000. Dari tiket terusan tersebut kita bebas mendapatkan fasilitas berkeliling melihat satwa dan tontonan atraksi seperti: 

1. Elephants show     
2. Dolphins show     
3. Cowboy show     
4. Various Animal show     
5. Tiger show     
6. Sea Lions show    
7. Birds of Prey show     
8. Globe of death     
9. Safari Theatre 

Terdapat juga 22 wahana permainan yang boleh kita nikmati seperti,

Untuk Umum: Lolly Swing, kincir Raksasa, Crazy Plane, Sepeda Air, Bom bom car, Jet Boat, Spinning Boat, Kevil Hill (Rumah hantu 3D), Sepeda Layang, Bumper boat 

Untuk Anak-anak:  Speedway, Poni Rodeo, Mandi Bola, Foam Ball, Ventura River, Angsa Terbang, Train, Gajah Terbang, Climbing car, Lolo Train 

Untuk Dewasa:  Space Shuttle, Flume Ride.

Ribuan satwa bebas berkeliaran layaknya di habitat aslinya. Diantaranya gajah, beragam unta, burung, macan Tutul, macan kumbang Afrika, rusa, malayan tapir, kerbau, kuda Nil, jerapah, bison Eropa, binturong, anoa, babirusa, badak Putih, buaya, singa, orang utan Kalimantan, kapibara, dan beragam jenis lainnya. Berdasarkan brosur dari petugas, perjalanan keliling satwa memakan waktu sekitar 45 menit. Saat musim liburan bisa lebih lama dari itu. 

Pintu keluar yang menuju ke taman hiburan menjadi akhir dari perjalanan keliling melihat aneka satwa ini. Di sini terdapat fasilitas restoran, lahan parkir dan wahana permainan. Jika telah memarkirkan kendaraan, berikutnya akan kita temui tempat pertunjukan hewan. Seperti elephants show, cowboy show, pertunjukan singa laut, lumba-lumba dan lainnya. Di antara dua kawasan pertunjukan, kita bisa melewati penguin, biawak, komodo, ular, dan sebagainya. 

Kebun Raya Bogor


Kebun raya bogor adalah tempat wisata sekaligus kebun botani terbesar yang terletak di Kota Bogor. Luas kawasan ini mencapai 87 hektar dan memiliki 15.000 macam koleksi pohon dan tumbuh-tumbuhan. Kebun Raya Bogor ramai dikunjungi setiap harinya terutama saat libur Nasional.

Di sekitar Kebun Raya Bogor terdapat pusat-pusat keilmuan dan penelitian yaitu Herbarium Bogoriense, Museum Zoologi Bogor, dan perpustakaan. 

Tiket Masuk Kebun Raya Bogor adalah Rp15.000,00 per orang. Dengan harga tiket tersebut kita bebas masuk museum zoologi kebun raya bogor. 

Jika kunjungannya hanya ke Museum Zoologi saja, tiket masuk pengunjung museum hanya sebesar Rp1.500,00 per orang. Bila ingin berkeliling ke Kebun Raya Bogor, tersedia juga kendaraan khusus yang digunakan mengitari kebun raya. 

Terdapat berbagai keistimewaan yang akan kita temui serta keunikan pemandangan di Kebun Raya Bogor. Istana Bogor yang halamannya terhampar rumput hijau yang dihuni ratusan rusa. Rusa-rusa ini memang  khusus dibudidayakan untuk menambah keindahan Istana Bogor. 

Beberapa tanaman bunga yang sangat fenomenal dapat disaksikan di sini jika sedang mekar, seperti bunga Raflesia Arnoldi atau bunga bangkai yang terkenal sebagai bunga terbesar dan langka di dunia. Untuk tujuan pengembangan koleksi tanaman yang sesuai iklim Indonesia, Kebun Raya Bogor telah membangun cabang kebun raya lain, diantaranya adalah Kebun Raya Cibodas. 

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede
Taman Nasional Gunung Gede (sumber: instagram @jali.202)

Jika ingin berwisata dengan suasana hutan dengan ragam flora dan fauna yang unik, Taman Nasional Hutan Pangrango adalah suatu pilihan yang tepat. Taman Nasional dengan luas 21. 975 hektar ini bertujuan sebagai tempat konservasi flora khas pegunungan beserta ekosistemnya yang penting bagi kehidupan sekitarnya. Taman ini sudah diresmikan sejak tahun 1980. Kawasan ini berada di dua puncak gunung yang terkenal yaitu Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Mencangkup juga tutupan hutan pegunungan di sekitar dua puncak gunung tersebut.

Beragam variasi flora atau tumbuhan dapat kita temukan di hutan nasional sekaligus tempat wisata ini. Jumlah terbanyak adalah flora khas hutan pegunungan setempat. Betapa menabjubkan, tercatat sekitar 200 spesies anggrek  yang hidup di tempat ini, dan kurang lebih 150 jenis spesies tumbuhan paku-pakuan. Sementara untuk spesies tumbuhan bunga lebih dari 870 ditemui di sini.

Maskot taman nasional ini adalah bunga Edelweis Jawa (Anaphalis javanica) yang sangat populer di kalangan pecinta alam dan pendaki gunung. Bahkan untuk hewan, terdapat juga perlindungan fauna yang terancam punah di kawasan hutan taman nasional ini. Contohnya seperti anjing ajag, nama latinnya Cuon alpinus, lutung surili (Presbytis comata), owa jawa (Hylobates moloch), dan macan tutul (Panthera pardus).

Perjalanan wisata alam pasti akan lebih seru jika disertai edukasi yang menambah wawasan serta kecintaan kita terhadap alam. Berwisata ke taman Nasional dan tempat wisata alam terkenal lainnya di Bogor akan memberikan manfaat kepada kita serta generasi kita untuk lebih perhatian, peduli dan menyayangi lingkungan.

Artikel Terkait