Bumi Perkemahan yang Bersahabat dengan Alam di Bogor

Bumi Perkemahan yang Bersahabat dengan Alam di Bogor - Berbagai kegiatan outdoor di alam bebas dapat di lakukan untuk tujuan wisata dan menambah wawasan diantaranya adalah dengan berkemah. Saat ini telah banyak tempat perkemahan yang menawarkan fasilitas untuk berwisata sekaligus kegiatan yang dekat kepada alam.

Bumi Perkemahan di Bogor

Bumi Perkemahan yang Bersahabat dengan Alam di Bogor


Jadi sudah tidak sulit lagi untuk melakukan kegiatan ini dengan fasilitas lengkap yang menunjang. Berikut ini ada beberapa tempat Bumi perkemahan yang bersahabat dengan alam, juga menyediakan kawasan perkemahan beserta fasilitasnya.

Bumi perkemahan Citamiang


Di Bumi Perkemahan Citamiang kita bisa berkemah dan belajar tentang alam. Tempat berkemah ini terletak di Puncak, kampung Pondok Rawa, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, kabupaten Bogor.
Objek yang dikelola KPH Perhutani Bogor ini menawarkan nuansa alam yang berbeda, suhunya sejuk karena letaknya di dataran tinggi. Di Sekitarnya ditumbuhi pohon pinus yang memiliki wangi khas.


Bumi Perkemahan Citamiang cocok juga sebagai lokasi outbond. Bahkan karena keindahan alamnya pun sering dijadikan tempat ini untuk pre-wedding. Tersedia juga aula serta tenda untuk tempat acara.
Bumi Perkemahan Citamiang mudah untuk ditemukan lokasinya, yaitu sebelum pintu gerbang Gunung Mas. Sekitar 1 kilometer dari jalan utama Puncak, tepatnya sebelah kiri sebelum Gunung Mas.

Objek wisata ini juga menawarkan paket wisata di antaranya tea walk dan jungle track serta pengetahuan ekologi bagi pengunjung, termasuk menyediakan fasilitas penyewaan tenda.

Bumi Perkemahan Sukamantri


Bumi Perkemahan Sukamantri menawarkan pesona alam lembah yang hijau dan sejuk di kawasan milik Perhutani yang dijadikan tempat perkemahan sejak tahun delapan puluhan.

Lokasi wisata Bumi perkemahan Sukamantri ada Kec. Tamansari, Kabupaten Bogor. Pengelolaannya dilakukan oleh Perhutani- Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Pemandangan di sini memuaskan mata dengan barisan hutan pinus dan latar belakang gunung salak yang menabjubkan.

Letaknya tepat di bawah kaki Gunung Halimun Salak sehingga menampilkan pesona cekungan lembah yang luas menghijau. Tenda-tenda ditancapkan menghadap ke lembahnya yang indah berkabut. Dari sisi kanan pintu masuk kita bisa menikmati gunung salak yang menjulang megah ditumbuhi dengan pepohonan besar.

Pengelola juga menyediakan penyewaan peralatan berkemah untuk pengunjung. Tenda kapasitas 3-4 orang biayanya 60 ribu/malam dengan tambahan selimut Rp 15 ribu, serta bantal Rp 8000.

Perjalanan menuju Bumi Perkemahan Sukamantri  bisa ditempuh Bogor Kota mengarah ke Ciapus. Dari Jl Kapten Maulana Yusuf menuju ke arah Ciapus, selanjutnya kita jumpai jalan menuju bumi perkemahan setelah tiba di ujung Desa Sukamantri.

Bumi Perkemahan Mandalawangi Camping Ground Cibodas


Bumi Perkemahan Mandalawangi adalah sebuah bumi perkemahan yang letaknya di kawasan Wisata Cibodas, tepatnya di pintu keluar Kebun Raya Cibodas dalam kompleks Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Dikarenakan terletak di bawah kaki Gunung Gede Pangrango, Bumi Perkemahan Mandalawangi masih begitu segar dan sejuk, sehingga keindahannya menjadi salah satu favorit para petualang yang menyukai aktivitas di alam.

Bumi Perkemahan Mandalawangi struktur geografisnya terdiri dari sungai, danau, tanah rerumputan, tanah kerikil yang mudah menyerap air, pepohonan,  semak, hutan dan suhunya relatif dingin. Kondisi ini ideal sebagai tempat perkemahan. Kawasan perkemahannya yang luas serta beragam sehingga lokasi perkemahan yang ideal dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Sebagian orang menyebut Taman Mandalawangi ini sebagai Taman Komodo karena dari pintunya kita memasuki terowongan mulut komodo. Beberapa objek wisata yang tak kalah menarik di kawasan ini diantaranya adalah sungai Cikundul,  Danau Mandalawangi Cibodas, air terjun Rawa Gede, jungle track, patung Dinosaurus, dan perahu dayung juga fasilitas high rope seperti flying fox, lintas danau, spidet net dan lintas tali pohon.

Fasilitas di Mandalawangi 

Di Bumi Perkemahan Mandalawangi, kita dapat menemukan air bersih untuk memasak dengan mudah. Air merupakan salah satu fasilitas yang melimpah ruah di Mandalawangi. Selain  itu tersedia penyewaan tenda, sarana toilet dan mushola. 

Untuk outdoor activity seperti flying fox, lintas danau, lintas tali, spider net, perahu dayung dan pin ball. 

Di sekitar Mandalawangi dan Gede Pangrango, pusat oleh-oleh dapat ditemukan dengan mudah, mulai dari sayur mayur, buah-buahan, dan berbagai olahan pangan, pernak-pernik cindramata, dan sebagainya

Harga tiket masuk Mandalawangi tanpa berkemah adalah Rp. 13.500 per orang, sedangkan buat yang berkemah dikenakan Rp. 27.500 per orang. Tiket tersebut sudah termasuk tiket kunjungan, menginap semalam dan asuransi.

Bumi Perkemahan Gunung Bunder


Bumi Perkemahan Gunung Bunder di Bogor berada dalam Kawasan Wisata Gunung Salak Endah, Taman Nasional Gunung Halimun Salak di tengah rimbunnya pepohonan pinus seluas 30 hektar. Di kawasan Gunung Bunder terdapat banyak curug dan sumber air panas yang menarik dikunjungi.

Bumi Perkemahan Gunung Bunder diresmikan pada tahun 1982, dengan daya tampung 30 unit kemah atau sekitar 400-an orang. Ketinggian tempat ini antara 750 – 1.050 mdpl dengan suhu udara antara 18-230 C dan sebagian besarnya merupakan hutan produksi Perhutani berupa pohon Pinus dan Rasamala yang berusia puluhan tahun.

Di sekitar Bumi Perkemahan Gunung Bunder tersedia fasilitas toilet, outbound training, serta tempat warung makanan serta kayu bakar untuk pengunjung yang berkemah di sana.

Akses mencapai lokasi dari Kota Bogor bisa dengan menuju arah ke kampus IPB Dramaga lalu belok kiri di Cikampak dan lurus terus hingga pertigaan huruf V, kemudian ambil yang lurus di sebelah kiri.

Dengan semakin banyaknya tempat perkemahan di pegunungan di Bogor, maka semakin banyak pilihan serta kemudahan yang ditawarkan untuk melakukan kegiatan berkemah. Kegiatan di alam bebas seperti berkemah ini dapat membuat pikiran kita lebih rileks karena berada di alam yang bersahabat dengan kita, dapat mengaktifkan kembali energi dan semakin bersemangat untuk melanjutkan hari-hari ke depan.

Artikel Terkait