Tempat Wisata di Tangerang yang Menarik Dikunjungi


Tempat Wisata di Tangerang yang Menarik Dikunjungi - Tangerang sebagai tempat berdirinya Bandara Soekarno Hatta ini memang didominasi oleh daerah perkotaan yang cukup sibuk. Namun bukan berarti Tangerang tidak memiliki potensi wisata seperti kota lainnya.

Tempat Wisata di Tangerang yang Menarik Dikunjungi


Tidak percaya? Coba saja simak ulasan tempat wisata di Tangerang berikut ini.

Bendungan Pintu Air Sepuluh


Sesuai dengan namanya, bendungan sekaligus pintu air yang berada di Tangerang ini memiliki sepuluh buah pintu air yang bertugas untuk membendung serta mengatur air Sungai Cisadane dan masih beroperasi hingga kini.


Dibangun pada tahun 1927, Bendungan Pintu Air Sepuluh ini ternyata merupakan sebuah peninggalan kolonial Belanda. Sepuluh buah pintu air pada bendungan ini memiliki lebar 10 m masing-masingnya. Anda bisa menjumpai Bendungan Pintu Air Sepuluh di jalan Sangego yang berada di kecamatan Karawaci.

Kini bendungan ini sudah menjadi salah satu obyek wisata yang cukup terkenal di Tangerang. Biasanya, pengunjung yang ke sini melakukan berbagai kegiatan seperti memancing, sightseeing atau berkumpul bersama keluarga atau teman.

Pantai Tanjung Pasir


Walaupun di pasir ini Anda tidak akan bisa menjumpai hamparan pasir untuk berjalan-jalan, namun pantai yang berada di Tangerang ini oke juga untuk dijadikan destinasi wisata di kota ini. Daya tarik dari Pantai Tanjung Pasir adalah pemandangan hamparan laut yang luas dan cantik serta kehidupan nelayan yang sedang melaut bersama kapal-kapalnya di pinggir pantai.

Untuk menikmati obyek wisata pantai yang paling terkenal di Tangerang ini, Anda bisa menyewa perahu kayu untuk menelusuri pantai atau sekedar jalan-jalan santai di pinggir pantai.

Pantai Tanjung Kait


Tangerang ternyata masih memiliki potensi obyek wisata alam lainnya, yakni Pantai Tanjung Kait berikut ini. Walaupun Anda juga tak akan menemukan hamparan pasir yang terbentang luas di sini seperti di Pantai Tanjung Pasir, Anda tetap bisa menikmati keindahan tersendiri dari pantai ini. 

Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di sini, seperti memancing, berwisata kuliner laut yang murah meriah, atau sekedar duduk-duduk santai sambil menunggu momen tenggelamnya matahari. Selain itu, Anda dapat menyaksikan kehidupan penduduk setempat yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan.

Sehingga Anda juga bisa menikmati pemandangan pantai yang semakin lengkap dengan kapal nelayan warna-warni yang ada di pinggir pantai.

Masjid Pintu Seribu


Tangerang memiliki sebuah masjid yang menarik, yakni Masjid Pintu Seribu. Dinamakan Pintu Seribu karena masjid ini memiliki banyak pintu, saking banyaknya hingga dinamakan seribu. Masjid ini juga dinamakan sebagai Masjid Sewu, yang memiliki arti seribu dalam bahasa Jawa.

Masjid ini berada di kampung Bayur, dan memiliki kawasan masjid seluar 1 hektar. Dibangun oleh seorang Arab pada tahun 1978, masjid ini menjadi salah satu masjid paling terkenal yang ada di Tangerang. Selain memiliki pintu yang banyak, masjid ini juga memiliki sebuah patung kayu tasbih yang sangat besar dan menjadi daya tarik lain dari tempat wisata di Tangerang ini.

Masjid Al-Adzom


Tangerang juga memiliki bangunan masjid yang unik dan menarik, selain Masjid Seribu Pintu atau Masjid Sewu. Sebuah masjid yang memiliki luas kawasan mencapai 2 hektar ini terletak di Jalan Satria Sudirman.

Hal menarik yang bisa Anda lihat pada masjid ini adalah kubah-kubah bewarna biru terang yang menjadi atap dari bangunan masjid. Bagian kubah masjid ini terdiri dari lima kubah; satu kubah utama dan empat kubah penyangga.

Warna biru terang pada kubah serta bentuk kubah yang saling menyangga ini sangat menarik dan cukup berbeda dari masjid pada umumnya. Sekilas, masjid ini bisa mengingatkan Anda pada Blue Mosque yang ada di Turki, ya?

Benar, kan? Tangerang yang merupakan daerah perkotaan ternyata juga memiliki berbagai tempat wisata di Tangerang yang cukup menarik juga. Jadi, jangan lewatkan obyek wisata tersebut saat Anda berada di kota ini.

Artikel Terkait