Tempat Wisata di Penang yang Menarik Dikunjungi

Tempat Wisata di Penang yang Menarik Dikunjungi - Sebagai salah satu wilayah di negara tetangga, Malaysia, Penang memiliki berbagai macam obyek wisata yang menarik, mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah. 

Tempat Wisata di Penang yang Menarik Dikunjungi


Jika Anda ingin melakukan liburan ke luar negeri, beberapa tempat wisata di Penang berikut ini dapat menjadi salah satu alternatif.

tempat wisata di penang

Penang Hill


Dikenal juga dengan nama Bukit Bendera, Penang Hill merupakan salah satu obyek wisata alam yang banyak dikunjungi oleh wisatawan Indonesia. Daerah perbukitan di Penang ini menyuguhkan pemandangan alam yang hijau dan indah, serta udara khas daerah perbukitan yang sejuk dan segar.

Baca juga: Liburan di Kota Hujan: Tempat Wisata di Sentul

Lokasinya yang berada di bukit ini mengharuskan Anda untuk menempuh perjalanan ke puncak, bisa dengan kendaraan pribadi, taksi atau pilihan paling menyenangkan; kereta Penang Hill Railway. Saat menaiki kereta ini, Anda akan dapat menikmati pemandangan alam selama di perjalanan.

Sehingga berkunjung ke Penang Hill dapat menjadi pengalaman wisata yang lebih seru. Selain itu, tersedia juga Owl Museum yang juga menjadi daya tarik dari Penang Hill.

Sri Mahamariamman Temple


Berada di George Town, sebuah kuil bersejarah di Penang ini menjadi sangat menonjol di antara bangunan lain yang mengelilinginya. Kuil ini rupanya adalah kuil Hindu tertua yang ada di Penang, sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Pada bangunan kuil ini, Anda akan menjumpai berbagai ornamen menarik yang meriah dan menghiasi bangunan dengan kekhasan budaya India Kuno-nya. Selain itu, Anda juga dapat menjumpai sejumlah patung dewa dan dewi dari ajaran Hindu.

Anda dipersilahkan untuk mengambil gambar pada seluruh bagian kuil, kecuali pada area altar utama. Tempat wisata di Penang ini gratis alias tidak dipungut biaya dan dibuka hingga malam.

Kek Lok Si Temple


Jika tadi adalah ulasan mengenai kuil Hindu, kini kita beralih ke kuil Budha. Kek Lok Si Temple ini merupakan sebuah kuil Budha yang ternyata terbesar di kawasan Asia Tenggara. Wow! Kuil yang dibangun pada lebih dari 1 abad yang lalu ini terletak di sebuah bukit di Penang.

Daya tarik dari kuil Budha ini adalah arsitektur bangunannya yang mengadopsi gaya kuil khas Thailand, kemudian dipadukan dengan ornamen khas budaya China yang rumit. Anda dapat menjumpai kuil Buddha ini di kawasan Air Itam di Penang.

Fort Cornwallis


Salah satu peninggalan bersejarah lain di Penang adalah Fort Cornwallis. Benteng ini termasuk sebagai obyek wisata paling tua di Penang. Dibangun oleh tentara Inggris di tahun 1786, benteng ini dirancang sebagai pertahanan kekuasaan bangsa Inggris di Malaysia, dan akhirnya benteng ini juga digunakan sebagai pusat administrasi pada masa itu.

Di Fort Cornwallis atau Benteng Cornwallis ini, Anda dapat melihat berbagai benda peninggalan sejarah di Penang seperti meriam, kapel, lampu kuno, hingga penjara.


Cheong Fatt Tze Mansion


Sebuah obyek wisata berbentuk rumah ini adalah peninggalan milik Cheong Fatt Tze, seorang imigran dari China yang membangun rumah tersebut di tahun 1880. Rumah ini memiliki 38 buah kamar yang dirancang sesuai dengan kepercayaan Feng Shui, ajaran khas budaya China.

Rumah ini berukuran besar dan didominasi oleh warna biru. Rumah ini kemudian dibeli oleh pengusaha dari Malaysia agar nilai historis yang dimiliki rumah ini tetap terjaga. Hingga kini, Cheong Fatt Tze Mansion digunakan sebagai obyek wisata dan menjadi latar dari pengambilan gambar berbagai film. Nah, bagi Anda yang tertarik dengan ajaran Feng Shui, rumah ini tentu saja harus Anda kunjungi.

Sebagai salah satu wilayah di negara tetangga, Malaysia, Penang memiliki berbagai macam obyek wisata yang menarik, mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah. Jika Anda ingin melakukan liburan ke luar negeri, beberapa tempat wisata di Penang berikut ini dapat menjadi salah satu alternatif.

Selain Kuala Lumpur, Penang juga memiliki tempat wisata di Penang yang tak kalah menarik dan indah, bukan? Jadi, selain mengunjungi ibu kota dari Malaysia tersebut, jangan lupa sempatkan diri ke Penang, ya!

Artikel Terkait