Tempat Wisata di Palembang yang Menarik Dikunjungi

Tempat Wisata di Palembang yang Menarik Dikunjungi - Kota terbesar kedua yang ada di Sumatera ini merupakan ibu kota dari provinsi Sumatera Selatan. Palembang yang terkenal dengan Jembatan Ampera ini ternyata juga memiliki potensi wisata lain, seperti beberapa tempat wisata di Palembang berikut ini.

Tempat Wisata di Palembang

Tempat Wisata di Palembang yang Menarik Dikunjungi


Jembatan Ampera


Tidak afdol rasanya jika mengunjungi Palembang tanpa melihat ikon serta lambang dari kota ini, Jembatan Ampera. Jembatan yang pada awalnya berfungsi sebagai penghubung antara Seberang Ulu dengan Seberang Ilir ini dimulai pembangunannya pada tahun 1962.


Selesai pada tiga tahun setelahnya, jembatan ini terbentang kokoh membelah Sungai Musi. Kini, Jembatan Ampera juga berfungsi sebagai obyek wisata paling terkenal di Palembang. Dengan cahaya lampu warna-warni yang indah di malam hari, Jembatan Ampera semakin terlihat cantik dan megah. 

Di kawasan jembatan ini, Anda juga dapat menjumpai sebuah pusat cinderamata dan kuliner khas Palembang berbentuk pasar. Jangan lupa mengambil foto dengan latar belakang Jembatan Ampera, ya!

Sungai Musi


Sungai terpanjang di Sumatera yang dibelah oleh Jembatan Ampera ini panjangnya mencapa 750 kilometer. Wow! Sungai ini juga memisahkan kota Palembang menjadi dua bagian dan dulunya menjadi media transportasi utama di kota Palembang.

Sepanjang Sungai Musi yang membelah kota ini, Anda bisa menemukan banyak obyek wisata seperti beberapa restoran terapung, Benteng Kuto Besak dan Kampung Arab. Sungai yang sangat besar dan panjang ini akan sangat indah untuk dinikmati pemandangannya. Rasanya seperti sedang menikmati pemandangan Seine River di Paris saja!

Pulau Kemaro


Saking besarnya Sungai Musi, sebuah pulau kecil bernama Pulau Kemaro ini bisa muat berada di tengah-tengahnya dengan jarak sekitar 6 kilometer dari Jembatan Ampera. Pulau ini menjadi destinasi wisata yang cukup terkenal di Palembang. Pulau ini memiliki sebuah wihara yang banyak dikunjungi umat Budha untuk ziarah dan berdoa.

Selain wihara, ada juga makam dari seorang putri Palembang. Ada sebuah cerita di balik makam putri Palembang ini, yakni pernikahannya yang berakhir tragis karena ia dan suaminya menerjunkan diri ke sungai dan kemudian tenggelam. Hal menarik lain dari pulau ini adalah terdapat sebuah pagoda dengan sembilan lantai yang dibuat pada tahun 2006, serta adanya pohon cinta. Konon katanya, jika Anda mengukir nama Anda dan pasangan pada pohon ini, hubungan Anda berdua akan langgeng sampai pernikahan.

Taman Hutan Wisata Punti Kayu


Tempat wisata di Palembang berikut ini adalah satu-satunya hutan wisata yang ada di Palembang. Selain itu, taman hutan ini memiliki kawasan hutan pinus kota terbesar di Indonesia, lho. Berjarak sekitar 7 kilometer dari pusat kota, taman hutan ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit untuk keluarga.

Memiliki luas lahan sekitar 50 ha, taman wisata ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas wisata. Anda juga bisa menjumpai kebun binatang serta penangkaran buaya. Kegiatan lain untuk dilakukan di sini adalah menunggang kuda, menyaksikan pertunjukan gajah, bermain perahu, berenang, atau bermain di taman. Asyik, kan?

Masjid Cheng Ho


Obyek wisata yang satu ini adalah sebuah bukti bahwa budaya yang berbeda dapat bersatu dengan indah. Masjid Cheng Ho menjadi sangat unik karena memiliki arsitektur bangunan khas China. Bahkan warna bangunannya saja bewarna merah, yakni warna kebangsaan China.

Masjid yang memiliki arsitektur sangat unik dan menarik ini kemudian tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah bagi umat Muslim, melainkan sebagai obyek wisata yang tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan domesti, namun juga manca negara seperti Taiwan, Malaysia, Singapura, dan lain-lain.

Kini Anda sudah tahu kan tempat wisata di Palembang yang terkenal dan menarik? Nah, sesudah mengunjungi tempat-tempat tersebut, jangan lupa untuk menyantap kuliner khas Palembang, empek-empek. 

Artikel Terkait