Tempat Wisata di Kediri yang Menarik Dikunjungi

Tempat Wisata di Kediri yang Menarik Dikunjungi - Memiliki luas lahan mencapai 63,4 kilometer persegi, kota Kediri yang berada di provinsi Jawa Timur ini mempunyai berbagai potensi wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Tempat Wisata di Kediri yang Menarik Dikunjungi


Jika Anda hendak berkunjung ke kota tempat Gunung Kelud berada tersebut, ini dia panduan tempat wisata di Kediri.

Tempat Wisata di Kediri

Air Terjun Dolo


Lokasi air terjun ini terletak di desa Jugo, atau sekitar 25 kilometer dari pusat kota Kediri. Karena lokasi air terjun yang berada di ketinggian 1,800 mdpl, udara yang akan Anda rasakan di sana cukup dingin, sehingga sebaiknya Anda membawa pakaian hangat Anda.


Untuk dapat menikmati pemandangan air terjun dari dekat, Anda harus mencapai lokasi air terjun dengan mendaki. Namun perjalanan mendaki Anda yang melelahkan akan langsung terbayar dengan keindahan air terjun yang memikat, serta latar belakang pemandangan alam yang ditumbuhi pepohonan hijau.

Jika sudah puas bermain di Air Terjun Dolo, Anda bisa menempuh perjalanan sebentar untuk menjumpai hamparan perkebunan sayur serta buah strawberry. Di sini, selain melihat pemandangan, Anda juga bisa melakukan kegiatan petik buah pada salah satu kebun strawberry.

Monumen Simpang Lima


Sebuah monumen yang arsitektur bangunannya mirip dengan L Arc de Triomphe di Paris ini adalah salah satu ikon pariwisata milik Kediri. Bangunan monumen yang dapat Anda tempuh sejauh 6 km dari kota Kediri ini memiliki ukiran tradisional khas Kediri serta terdapat juga relief pada tubuh bangunan yang mengisahkan sejarah tentang berdirinya kota Kediri, jika Anda melihat lebih dekat pada bangunan ini.

Selain menjadi obyek wisata terkenal di Kediri, Monumen Simpang Lima juga dijadikan sebagai kawasan untuk berkumpul atau nongkrong, khususnya untuk para pemuda dan pemudi Kediri.

Gereja Tua Pohsarang


Untuk wisata religi, khususnya bagi umat Kristen, Kediri memiliki Gereja Tua Pohsarang. Gereja ini sudah dibangun sejak 1936 dan sempat direnovasi beberapa kali sampai saat ini. Walaupun mengalami renovasi, bentuk asli dari gereja ini masih terjaga sehingga nilai sejarahnya masih tetap ada.Gereja ini terdiri dari altar gereja yang terbuat dari batu dan memiliki berat hingga 7 ton.

Pada altar gereja ini, Anda bisa menemukan hiasan pahatan rusa. Selain itu, Anda juga bisa menjumpai altar luar gereja yang mengambil bentuk stupa Candi Borobudur, menara gereja berbentuk Candi Buntar, seperangkat gamelan yang digunakan untuk mengiringi misa, pendopo, tabernakel, beberapa makam, dan daya tarik lainnya. Anda bisa menjumpai gereja tua ini dengan menempuh perjalan sekitar 6 km atau 15 menit berkendara dari pusat kota Kediri.

Gunung Kelud


Gunung paling terkenal di Kediri ini pernah meletus dan sempat menggegerkan Indonesia pada 2014 silam. Gunung yang awalnya memiliki kubah lava yang menarik dan sangat unik ini telah berubah menjadi danau kawah yang ternyata tidak kalah menarik juga dengan kubah lava sebelumnya.

Sejak meletusnya gunung tersebut, Gunung Kelud menyisakan sebuah danau kawah bewarna biru yang cantik, sehingga sepintas dapat mengingatkan Anda pada Kawah Ijen yang terletak di Banyuwangi. Letusan Gunung Kelud di tahun 2014 lalu juga kemudian menciptakan sebuah kawasan yang memiliki hamparan pasir atau yang biasa disebut “segoro wedi”, sebuah fenomena khas gunung yang juga bisa Anda nikmati pemandangan serupa di Gunung Bromo.

Di Gunung Kelud, Anda bisa melakukan banyak aktivitas seperti bermain flying fox, menghangatkan tubuh di pemandian air panas, serta melakukan panjat tebing.

Jika sudah puas berkunjung ke berbagai tempat wisata di Kediri tadi, sekarang saatnya Anda mengeksplor wisata kuliner yang dimiliki Kediri! Yuk!

Artikel Terkait