Tempat Wisata di Cirebon yang Seru dan Menarik

Tempat Wisata di Cirebon yang Seru dan Menarik - Cirebon merupakan sebuah kabupaten di Jawa Barat bagian timur serta berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah. Memiliki berbagai potensi wisata, baik alam maupun sejarah, ini dia ulasan beberapa tempat wisata di Cirebon untuk Anda.

Tempat Wisata di Cirebon

Tempat Wisata di Cirebon yang Seru dan Menarik


Taman Ade Irma Suryani Nasution


Obyek wisata ini merupakan sebuah taman rekreasi paling besar yang ada di Cirebon. Sempat dinamakan sebagai Traffic Garden Cirebon, taman rekreasi ini kemudian berganti nama menjadi Taman Ade Irma Suryani Nasution di tahun 1966.


Taman rekreasi ini dirancang untuk keluarga, sehingga Anda akan cocok untuk mengajak si kecil di sini. Pada taman rekreasi ini, Anda akan menjumpai kebun binatang mini dan tempat bermain anak. Selain itu, karena Taman Ade Irma Suryani Nasution ini letaknya dekat dengan pelabuhan Cirebon, maka Anda juga bisa menyaksikan keindahan pantai dari sini.

Selain wahana rekreasi, Anda juga bisa menyaksikan pertunjukan seni dan musik yang diadakan secara rutin pada hari Minggu dan hari libur.

Keraton Kasepuhan


Keraton ini adalah keraton kesultanan yang pertama berada di Cirebon. Keraton ini dibangun pada tahun 1592 oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II. Walaupun keraton ini merupakan keraton paling tua di Cirebon, keraton ini merupakan keraton paling megah sekaligus paling terawat di sini. 

Memiliki bangunan utama yang bewarna putih, keraton ini juga memiliki singgasana sultan beserta ruang tidur dan bangunan utamanya dikelilingi oleh tembok bata merah. Menariknya, di sini Anda bisa melihat beberapa benda pusaka milik sultan terdahulu serta Kereta Singa yang hanya dikeluarkan untuk dimandikan pada tanggal 1 Syawal Hijriyah.

Keraton Kanoman


Selain Keraton Kasepuhan, Cirebon juga memiliki keraton lain yakni Keraton Kanoman. Jaraknya tidak jauh, hanya 600 m saja dari Keraton Kasepuhan. Keraton yang satu ini dibuat pada tahun 1588 oleh Sultan Badaruddin, berangkat dari perselisihan tentang siapa yang akan mewarisi keraton.

Di sini, Anda bisa melihat berbagai koleksi peninggalan sejarah, seperti berbagai piring antik Eropa milik sultan, dan lainnya. Oh iya, keraton ini hingga kini masih menjadi tempat tinggal bagi Raja Muhammad Emiruddin, keturunan ke-12 dari kesultanan, bersama keluarganya.

Jika Anda mengunjungi keraton ini, Anda juga bisa mampir ke sebuah pasar tradisional yang tak jauh dari sini untuk membeli berbagai cinderamata khas Cirebon.

Taman Sari Gua Sunyaragi


Tempat wisata di Cirebon berikutnya adalah sebuah taman wisata bernama Taman Sari Gua Sunyaragi. Nama dari taman ini terdiri dari dua kosakata Sansekerta, yakni 'sunya' (sepi) dan 'ragi' (raga), jika disatukan menjadi raga yang sepi.

Nama ini diberikan karena memang taman wisata ini dulunya merupakan tempat mencari ketenangan oleh raja beserta keluarganya. Taman wisata ini terdiri dari dua bangunan utama, yakni pesanggarahan serta gua. Pada bangunan pesanggrahan, Anda bisa menemukan berbagai ruang seperti ruang rias dan ruang tidur.

Sementara pada bangunan gua, Anda dapat menjumpai banyak lorong yang mirip dengan labirin. Menariknya, bangunan gua ini terlihat seperti candi. Di sini, Anda juga bisa menjumpai banyak pedagang yang menjual cinderamata khas Cirebon serta beberapa saung makan kecil.

Wanawisata Ciwaringin


Bagi Anda yang gemar memancing, obyek wisata yang satu ini mungkin akan cocok untuk Anda. Di sini, Anda dapat menjumpai Danau Ciranca tempat banyak pengunjung memancing. Selain itu, Anda juga akan menikmati pemandangan wanawisata atau sebuah kawasan hijau yang penuh ditumbuhi oleh pepohonan rimbun yang asri.

Menariknya, di sini Anda bisa menjumpai cukup banyak pohon kayu putih, lho. Menarik kan wanawisata yang satu ini? Wanawisata ini juga menyediakan sebuah arena motor cross, sehingga jika beruntung, Anda bisa menyaksikan pertandingan balap tertentu di sana.

Selain beberapa tempat wisata di Cirebon tersebut, kabupaten ini juga terkenal akan Tjampolay, sebuah minuman sirup legendaris dari Cirebon. Jadi, jangan lupa mencicipinya langsung di kota asalnya, ya.

Artikel Terkait