Tempat Wisata di Banyuwangi yang Menarik Dikunjungi

Tempat Wisata di Banyuwangi

Tempat Wisata di Banyuwangi yang Menarik Dikunjungi - Banyuwangi merupakan sebuah kabupaten yang berada di provinsi Jawa Timur dan berbatasan dengan Samudera Hindia alias menjadi sebuah kota pantai selatan di Indonesia.

Tempat Wisata di Banyuwangi yang Menarik Dikunjungi


Walaupun memiliki banyak wisata alam pantai, Banyuwangi juga menyimpan potensi tempat wisata di Banyuwangi yang tak kalah indah dan menarik, seperti Kawah Ijen. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pantai Pulau Merah


Pantai ini memiliki daya tarik utama dari sebuah pulau kecil yang menyerupai bukit dan memiliki tanah bewarna merah. Pulau kecil ini dapat Anda kunjungi saat air laut sedang surut sejauh sekitar 100 meter saja dari bibir pantai. Sebelum menjadi Pantai Pulau Merah, pantai ini dinamakan Pantai Ringin Pitu.


Berada di kecamatan Pesanggaran, tepatnya di desa Sumberagung, pantai ini menjadi banyak diminati wisatawan selain karena Pulau Merah, juga karena ombaknya yang tinggi mencapai 4 hingga 5 meter, sehingga sangat cocok untuk kegiatan berselancar.

Kawah Ijen


Selain Pulau Merah, Banyuwangi masih menyimpan fenomena alam yang menarik, yakni sebuah kawah danau paling besar di Pulau Jawa, Kawah Ijen. Hal paling menarik dari kawah danau yang berada di ketinggian 2,400 mdpl dan kedalaman 200 m ini adalah danau belerang berasap bewarna tosca dan biru api atau sering disebut blue fire.

Fenomena ini hanya dapat Anda nikmati keunikan dan keindahannya pada malam hari sampai menjelang subuh. Untuk mencapai kawah danau ini, Anda harus mendaki dulu sebelumnya sejauh 3 kilometer dengan kemiringan mencapai 25 hingga 35 derajat.

Pantai Plengkung


Selain Pantai Pulau Merah, tempat wisata di Banyuwangi ini juga memiliki potensi sebagai tempat surfing atau berselancar. Pantai Plengkung sudah lebih dulu terkenal sebagai tempat surfer berkumpul untuk menunjukkan kebolehan di Banyuwangi. Reputasi tempat surfing yang dimiliki pantai ini sudah diketahui dan diakui oleh banyak wisatawan, baik domestik maupun manca negara.

Sehingga tak jarang, Anda akan menemukan banyak bule alias wisatawan asing yang sedang unjuk kebolehan surfing di sini. Ombak terbaik untuk berselancar di sini datang pada bulan Mei sampai bulan Oktober. Selain sebagai tempat surfing, Anda juga akan menjumpai sejumlah cottage serta jungle camp di sini.

Teluk Hijau "Green Bay"


Obyek wisata alam yang indah ini berada di sekitar 3 hingga 4 jam berkendara dari pusat kota Banyuwangi. Teluk Hijau atau Green Bay ini menyuguhkan pemandangan alam yang cukup unik, dengan suasana khas pantai yang berpadu dengan nuansa khas hutan tropis di Taman Nasional Meru Betiri.

Perjalanan ke Teluk Hijau ini memang akan sedikit melelahkan, namun dijamin pemandangan laut dengan latar belakang hutannya akan membayar semua tenaga Anda. Selain itu, masih belum banyak wisatawan yang mengetahui tentang obyek wisata alam ini, sehingga Anda bisa berlibur di sini dengan tenang dan nyaman.

Pulau Tabuhan


Masih memamerkan keindahan laut dari Banyuwangi, Pulau Tabuhan dapat Anda kunjungi khususnya untuk melakukan scuba diving. Air laut yang sangat jernih di sini cocok dengan kegiatan scuba diving, sehingga banyak wisatawan yang sengaja mencari keindahan bawah laut dari Banyuwangi di sini.

Selain keindahan bawah lautnya, Pulau Tabuhan juga memiilki keindahan dari atas laut dengan hamparan pasir putihnya yang halus dan lembut. Terletak di kecamatan Wongsorejo, tepatnya di desa Bangsring, Anda bisa mencapai pulau ini dengan menempuh perjalanan sejauh 20 kilometer dari kota Banyuwangi. Menariknya, pulau seluas 5 hektar ini tidak berpenghuni sehingga pulau ini masih alami dan tentunya sangat memikat.

See? Tempat wisata di Banyuwangi di atas memang membuktikan bahwa kabupaten ini adalah salah satu kabupaten yang cukup unggul di Jawa Timur. Coba juga berbagai hidangan khas Banyuwangi di sini, ya!

Artikel Terkait