Tempat Wisata di Banten yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Banten

Tempat Wisata di Banten yang Wajib Dikunjungi - Sebuah provinsi yang merupakan hasil pemekaran dari provinsi Jawa Barat di tahun 2000 ini menyimpan banyak potensi wisata, baik wisata alam, religi, budaya, serta jenis wisata lainnya. Beribukotakan kota Serang, Anda dapat menjumpai banyak tempat wisata di Banten yang menarik dan menyenangkan.

Tempat Wisata di Banten yang Wajib Dikunjungi


Apa saja tempat-tempat wisatanya? Simak daftarnya berikut ini.

Taman Nasional Ujung Kulon


Bagi Anda pecinta alam dan pecinta hewan khususnya badak, Anda bisa cocok untuk mengunjungi salah satu taman nasional yang mencakup kawasan daratan Banten serta kawasan pulau di ujung pulau Jawa. Di sini, Anda dapat menjumpai hamparan alam yang masih asri dan alami, yang sekaligus menjadi ekosistem bagi hewan yang dilindungi seperti badak.


Beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan di sini adalah melihat alam liar, berkemah di kawasan yang disediakan, atau trekking sepanjang hutan. Dengan mengunjungi Taman Nasional Ujung Kulon ini, Anda dapat mengenal alam liar dengan lebih dekat dan mengetahui seberapa pentingnya menjaga kelestarian alam di Indonesia, khususnya di Taman Nasional Ujung Kulon.

Gunung Krakatau


Sebuah gunung yang pernah meletus hebat serta berdampak hebat pula pada zaman dulu ini merupakan salah satu tempat wisata di Banten yang cukup banyak diminati wisatawan, terutama para pendaki gunung.

Kegiatan yang paling banyak dilakukan oleh wisatawan yang datang ke sini adalah mendaki Gunung Krakatau. Untuk mendaki gunung ini, Anda bisa mengikuti beberapa pilihan paket wisata di Gunung Krakatau yang tersedia mulai dari sehari hingga empat hari.

Masjid Agung Banten


Banten juga memiliki pilihan wisata religi, yakni Masjid Agung Banten. Masjid yang dibangun sejak tahun 1569 ini mengusung konsep bangunan berarsitektur budaya Jawa, Hindu, China dan Eropa. Selain bangunan masjidnya sendiri, Anda juga bisa menjumpai sebuah peninggalan Kerajaan Islam yang pernah menguasai Banten, serta dilengkapi juga dengan makam para orang berjasa dalam penyebaran agama Islam di sini.

Selain menikmati pemandangan bangunan masjid yang berdiri megah, banyak juga pengunjung yang melakukan ziarah ke makam-makam yang berada di kawasan masjid ini serta melihat sejarah perkembangan Islam di Banten.

Pantai Sawarna


Selain memiliki Pantai Tanjung Lesung yang eksklusif, Banten juga memiliki obyek wisata pantai lainnya, yakni Pantai Sawarna. Di pantai yang baru terkenal di tahun 2000-an ini, Anda dapat menikmati pemandangan hamparan laut bewarna biru yang terbentang luas dengan indah.

Pantai ini diberi nama Sawarna dari nama desa tempatnya berada, desa Sawarna. Untuk dapat mengunjungi Pantai Sawarna, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 150 km dari Rangkasbitung. Oh iya, pantai ini dapat Anda jangkau dengan jalur yang hampir sama dengan Pantai Ujung Genteng yang secara administratif berada di provinsi Jawa Barat, tepatnya di Sukabumi. Ombak yang cukup besar di pantai ini juga menjadikan Pantai Sawarna cocok untuk kegiatan surfing.

Kampung Baduy


Banten juga memiliki potensi untuk wisata budaya, misalnya di Kampung Baduy ini. Suku Baduy sendiri memiliki dua jenis, yakni suku Baduy Luar dan suku Baduy Dalam. Saat suku Baduy Dalam merupakan jenis suku Baduy yang sangat tertutup dari dunia luar, suku Baduy Luar justru terbuka dengan dunia luar sehingga Anda akan menjumpai warga dari suku ini di sini.

Selain menyaksikan sendiri kehidupan cara tradisional dari suku Baduy Luar, Anda juga dapat merasakan hidup di lingkungan suku asli Baduy dengan segala aktivitas hariannya. Anda juga dapat berinteraksi sepuasnya dengan masyarakat Baduy Luar dan menggali lebih dalam nilai-nilai budaya yang dipegang di sana. Jika tertarik, Anda juga bisa mengikuti paket wisata selama beberapa hari.

Nah, itu dia daftar tempat wisata di Banten yang seru dan menyenangkan. Tunggu apalagi? Yuk, pergi ke Banten!

Artikel Terkait