Tempat Wisata di Jawa Timur: Memperkaya Wawasan Sejarah dan Budaya

Tempat Wisata di Jawa Timur - Bagi Anda yang tertarik dengan sejarah dan budaya Indonesia, dengan segala peristiwa serta kekayaan yang dimiliki Indonesia, mungkin Anda bisa mengunjungi salah satu atau semua tempat wisata di Jawa Timur berbentuk museum di bawah ini.

1. Museum Sepuluh November (Surabaya)


Museum Sepuluh November - Tempat Wisata di Jawa Timur
Museum Sepuluh November (Foto : IG @vandhysilaen)
Museum yang didedikasikan untuk arek-arek Suroboyo yang dengan gagah berkorban melawan tentara sekutu pada tanggal 10 November 1945 ini mulai dibangun pada tahun 1991 dan baru beroperasi pada tahun 1998 di tanggal dan bulan yang sama. Museum yang berdiri di atas lahan seluas 4,900 meter persegi ini berada di Jalan Pahlawan.

Baca juga : Tempat Makan Enak di Kediri

Museum yang dibangun khusus oleh pemerintah kota Surabaya ini memuat berbagai koleksi yang menceritakan sejarah perlawanan rakyat Indonesia pada masa kemerdekaan dulu. Di sini, Anda akan dibawa kembali ke puluhan tahun lalu untuk menyaksikan reka ulang perjuangan masa kemerdekaan lewat diorama, koleksi senjata, makam pahlawan yang tidak dikenal, foto-foto dan koleksi lainnya.

2. Museum Kesehatan Dr. Adhyatma, MPH (Surabaya)


Museum Kesehatan Dr. Adhyatma, MPH
Museum Kesehatan Dr. Adhyatma, MPH (Foto : IG @ryoalvindo)
Masih di kota Buaya dan Hiu, museum ini khusus mengoleksi berbagai benda yang berkaitan dengan dunia kesehatan. Museum yang mengusung topik menarik dan unik ini dibangun ada tahun 2004 dan langsung beroperasi saat itu. Berdiri di atas lahan seluas 77,600 meter persegi, museum ini berada di Jalan Indrapura 17.

Museum yang dibangun khusus oleh Departemen Kesehatan RI ini memuat berbagai koleksi kesehatan seperti medali penghargaan, tabung logam, hewan-hewan sumber obat tradisional, alat cuci darah, alat fogging malaria, dan lain-lain. Dilengkapi dengan ruang audiovisual dan auditorium, Anda dapat memahami lebih banyak lagi tentang dunia kesehatan dari museum ini.

3. Museum Brawijaya (Malang)


Museum Brawijaya
Foto : Museum Brawijaya by stwn / CC BY-SA 2.0 / compress from original

Sama seperti Museum Sepuluh November di Surabaya, tempat wisata di Jawa Timur yang satu ini juga merupakan sebuah museum yang mengisahkan perjuangan. Museum yang dibangun khusus oleh TNI Angkatan Darat ini dibangun pada tahun 1967 dan baru beroperasi di tahun 1968.

Di dalam museum yang hanya memiliki satu lantai ini, Anda bisa melihat berbagai macam koleksi seperti meriam tank, patung Jenderal Soedirman, gerbong maut, perahu segigir, burung merpati pos, penangkis serangan udara (PSU), berbagai jenis senjata, dan benda-benda bersejarah lain yang sarat dengan perjuangan. Anda bisa menjumpai museum ini di Jalan Ijen nomor 25.

4. Museum Blambangan (Banyuwangi)


Museum Blambangan
Museum Blambangan (Foto : IG @einsyyustisia)
Museum yang masih mempertahankan bentuk bangunan kuno ini merupakan sebuah museum umum yang berisikan berbagai benda sejarah di Banyuwangi, mulai dari benda keramat, benda seni, perlengkapan rumah tangga, dan lain-lain.

Dibangun pada tahun 1977, didirikannya museum ini adalah inisiatif dari pemerintah Kabupaten Banyuwangi yang ingin melestarikan kebudayaan dari kota tersebut.

Baca juga : Tempat Wisata Seru di Surabaya

Museum yang kini terletak di kawasan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi ini memuat sekitar 500 koleksi yang bersejarah. Di antara koleksi tersebut adalah mesin ketik, uang gobok, batik Banyuwangi, telepon kuno, dan berbagai benda berbau etnografi, arkeologi, dan banyak koleksi lainnya.

5. House of Sampoerna (Surabaya)


House of Sampoerna
Foto : House of Sampoerna by Haffata Yahfitu/ CC BY-SA 4.0 / compress from original

Anda tentunya sudah familiar dengan salah satu merek produk rokok terkenal di Indonesia ini, bukan? Di sini, Anda bisa menyaksikan sejarah panjang perkembangan merek rokok ini lewat berbagai koleksinya seperti alat cetak kemasan rokok, replika warung pertama Sampoerna, kemasan rokok Sampoerna dari dulu hingga sekarang, jenis-jenis tembakau, dan lainnya.

Cukup menarik juga untuk mengetahui sejarah tentang perusahaan rokok raksasa di Indonesia ini.

Dibangun pada tahun 1892, bangunan museum ini awalnya dijadikan panti asuhan laki-laki oleh kolonial Belanda, yang kemudian dibeli oleh perintis Sampoerna,dan dijadikan sebagai pabrik rokok pertama milik Sampoerna. Hingga kini, komplek museum ini masih beroperasi sebagai pabrik rokok Sampoerna.

Nah, tentunya berbagai tempat wisata di Jawa Timur tadi dapat menambah wawasan sejarah dan budaya Anda, bukan? Selain keindahan alamnya, Jawa Timur juga dapat menjadi ajang memperkaya nilai budaya dan sejarah yang Anda miliki. Cobalah!

Artikel Terkait