Tempat Wisata di Jawa Barat: Kampung Adat dan Desa Wisata

Tempat Wisata di Jawa Barat - Jawa Barat yang kental dengan budaya suku Sunda ini menyimpan banyak potensi wisata seni dan budaya. Budaya dan seni khas Sunda ini akan sangat menarik untuk Anda pelajari, sehingga tak ada salahnya untuk mencoba berwisata ke beberapa kampung adat atau desa wisata di Jawa Barat.

Tempat Wisata di Jawa Barat: Kampung Adat dan Desa Wisata


Jadi, ini dia beberapa tempat wisata di Jawa Barat berbentuk kampung adat dan desa wisata yang bisa jadi referensi liburan.

Kampung Kuta

Kampung Kuta - Tempat Wisata di Jawa Barat
Kampung Kuta (Foto : IG @ockyhafidz)

Kampung adat yang berada di kabupaten Ciamis ini terletak di sebuah lembah curam sedalam 75 m serta dikelilingi semacam tebing atau perbukitan. Mungkin nama Kuta dari kampung ini berasal dari kontur alam tersebut, karena Kuta dalam bahasa Sunda berarti pagar tembok.

Baca juga: Tempat Wisata di Garut: Liburan Menyenangkan ala Jawa Barat

Di sini, Anda bisa merasakan pengalaman hidup berdampingan bersama warga adat Sunda dengan ditemani pemandangan alam yang masih asri. Rumah-rumah warga di sini juga masih mempertahankan bentuk aslinya yang masih tradisional, sehingga akan semakin terasa nuansa budaya tradisionalnya.

Di kampung ini juga Anda dapat menjumpai struktur masyarakat yang berlapis-lapis sesuai status dan peranan, atau semacam sistem kasta dalam budaya ajaran Hindu. Selain itu, Anda juga bisa mengenal lebih dekat dengan berbagai aturan adat serta kesenian Sunda seperti tari-tarian, alat musik serta pertunjukan seni.

Kampung Sirnaresmi


Kampung Sirnaresmi - Tempat Wisata di Jawa Barat
Kampung Sirnaresmi (Foto : IG @oksa.fahreza)

Dari Ciamis, kampung adat berikutnya terletak di Sukabumi. Kampung ini berada di ketinggian 300 hingga 600 meter di atas permukaan laut. Sama seperti Kampung Kuta, kampung adat ini juga masih mempertahankan rumah-rumah adat bergaya tradisional.

Selain itu, Anda juga bisa mengenal lebih dekat tentang kehidupan petani Sunda karena sebagian besar penduduk di sini berprofesi sebagai buruh tani. Selain itu, ada juga yang berprofesi sebagai pengrajin, pengukir golok, dan pandai besi.

Menariknya, kampung ini memiliki empat mata air, yakni mata air Cisodong, Cipanengah, Cisolok dan Cidongkap.

Desa Pasanggrahan


Desa Pasanggrahan - Tempat Wisata di Jawa Barat
Desa Pasanggrahan (Foto : IG @beki.subechi)

Tempat wisata di Jawa Barat berikut ini terletak di Purwakarta. Di sini, selain nuansa tradisional dari berbagai arsitektur bangunan khas Sundanya, Anda juga akan disuguhi pemandangan alam yang masih hijau dan bersih. Dengan ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan laut, udara yang akan Anda rasakan di sini cukup sejuk.

Desa ini juga didominasi oleh kawasan pertanian dari sayur-sayuran, padi, juga cengkih. Rumah-rumah warga di sini juga masih mempertahankan rumah panggung dengan arsitektur khas Sunda dan terbuat dari kayu.

Desa Sari Bunihayu


Desa Sari Bunihayu - Tempat Wisata di Jawa Barat
Desa Sari Bunihayu (Foto : IG @eka.arei)

Desa wisata selanjutnya berada di Subang. Di sini, Anda akan disambut dengan keramahtamahan dari penduduk asli yang sangat terbuka dengan wisatawan. Pemandangan yang indah dan hijau khas daerah pegunungan, udara yang masih bersih dan segar, serta rumah-rumah penduduk yang masih tradisional akan menciptakan suasana yang sama sekali berbeda dengan di perkotaan.

Baca juga: Tempat Wisata Curug di Bogor: Segarnya Air Terjun Alami yang Dingin

Bagi Anda yang wisatawan, desa ini jaraknya cukup dekat dengan beberapa obyek wisata di Bandung dan sekitarnya sehingga dapat memudahkan rekreasi Anda. Beberapa obyek wisata tersebut di antaranya adalah Gunung Tangkuban Perahu dan pemandian air panas Sari Ater.

Desa Wangunharjo


Desa Wangunharjo - Tempat Wisata di Jawa Barat
Desa Wangunharjo (Foto : IG @abah_andri)

Desa yang berada di Subang ini dapat menjadi alternatif Anda jika ingin mengunjungi desa wisata di Jawa Barat. Di sini, Anda dapat merasakan pengalaman baru hidup dengan warga lokal serta ikut merasakan pengalaman beraktivitas seperti warga. Jika tidak ingin ikut serta, Anda juga bisa sekedar menyaksikan sambil ditemani udara sejuk dan pemandangan khas pedesaan yang masih asri.

Menariknya lagi, di Desa Wangunharjo tiap tahunnya diadakan sebuah acara pesta rakyat yang dinamakan Ruatan Bumi. Pesta rakyat ini juga dapat Anda nikmati dengan mendaftar suatu paket wisata khusus. Desa ini lumayan mudah ditempuh, terutama karena jalanan menuju desa sudah beraspal.

Sebenarnya masih ada kampung adat dan desa wisata lain selain tempat wisata di Jawa Barat tadi yang masih bisa Anda eksplor keindahan daerahnya. Rajin-rajin saja mencari informasinya lewat internet, ya!

Artikel Terkait