Tempat Wisata di Garut: Liburan Menyenangkan ala Jawa Barat

Tempat Wisata di Garut - Terletak di provinsi Jawa Barat, Garut merupakan sebuah kota dengan budaya Sunda yang masih kental dipertahankan. Di kalangan wisatawan luar Garut, kota ini terkenal dengan tempat pemandian air panasnya. Selain itu, simak juga tempat wisata di Garut lainnya yang tak kalah menarik.

Gunung Papandayan


Gunung Papandayan - Tempat Wisata di Garut
Foto : Panorama Gunung Papandayan by Uprising / CC BY 3.0 / compress from original

Ternyata, Garut juga memiliki sebuah gunung andalan yaitu Gunung Papandayan. Walaupun ketinggiannya tidak semegah Gunung Bromo atau Gunung Merapi, namun Gunung Papandayan juga memiliki keindahan alam yang memesona.

Jadi, tak heran jika banyak penduduk Garut yang sering memilih Gunung Papandayan untuk menghabiskan hari liburnya. Selain itu, Gunung Papandayan ini juga hanya berjarak sekitar 70 kilometer dari pusat kota Bandung sehingga banyak juga wisatawan dari Bandung yang mengunjungi gunung ini.

Daya tarik dari Gunung Papandayan adalah kawah gunung, sumber air panas, dan pemandangan memikatnya saat matahari terbit.

Situ Bagendit


Situ Bagendit
Foto : Situ Bagendit by Edi Wibowo / CC BY 3.0 / compress from original

Bagi Anda yang pernah mendengar ceritanya, ini dia sebuah obyek wisata yang memiliki legenda rakyat tentang seorang janda yang kaya raya namun kikir bernama Nyai Bagendit. Karena sifatnya yang pelit, ia akhirnya dikutuk oleh seorang pengemis dan cerita berakhir dengan tenggelamnya Nyai Bagendit karena tidak ingin meninggalkan harta bendanya untuk mengungsi.

Mata air yang muncul dari kutukan pengemis tadi akhirnya menciptakan sebuah danau, yang kini dinamakan danau atau dalam bahasa Sunda adalah situ Bagendit. Selain legenda di baliknya, tempat wisata di Garut ini juga indah untuk dipandang, terutama karena hamparan danau yang luas serta kebersihan yang terjaga dengan sangat baik.

Anda bisa menikmati pemandangan danau dengan menaiki rakit, bersepeda air, bermain di perahu, berenang, memancing, atau bermain-main di taman.

Pantai Santolo


Pantai Santolo
Foto : Pantai Santolo by a_rabin / CC BY 2.0 / compress from original

Selain gunung, Garut juga memiliki pantai yang tak kalah populer, yaitu Pantai Santolo. Pantai ini membentuk lengkungan dan terbentang sangat luas, sehingga menjadi sangat menarik untuk dijadikan destinasi wisata.

Selain hamparan pasir yang terbentang luas, pantai ini juga menawarkan pemandangan panorama laut yang indah dengan gulungan ombak yang tenang khas Pantai Utara. Pantai ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas wisata lengkap sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Saking populernya, pantai ini tidak pernah sepi pengunjung, apalagi saat sedang musim liburan atau akhir pekan. Jadi, jika Anda ingin berwisata dengan lebih tenang, sebaiknya datang saja di hari-hari kerja.

Curug Orok


Curug Orok
Foto : Curug Orok by Mohammad Rizky ramadhan / CC BY 2.0 / compress from original

Bagi Anda yang mengerti bahasa Sunda, mungkin agak aneh dengan nama air terjun ini. Curug dalam bahasa Sunda berarti air terjun, dan orok berarti bayi, sehingga arti dari nama obyek ini adalah air terjun bayi.

Penamaan air terjun yang berada di Desa Cikandang ini berasal dari kepercayaan warga sekitar tentang seorang ibu yang pernah membuang anak bayinya dari atas air terjun.

Di luar hal itu, air terjun ini sangat worth it untuk dikunjungi, karena keindahan alam di sekitarnya yang sangat hijau dan asri sehingga memberikan pemandangan yang menyegarkan. Tinggi dari air terjun ini adalah 45 m, cukup tinggi, bukan?

Pemandian Air Panas Cipanas

Pemandian Air Panas Cipanas
Foto : Pemandian Air Panas Cipanas by Andi Asmara / CC BY 3.0 / compress from original

Di luar semua obyek wisata terkenal di Garut, pemandian air panas inilah yang paling terkenal di kalangan wisatawan luar Garut. Pemandian air panas Cipanas dapat Anda tempuh dari pusat kota Garut dengan jarak 6 kilometer atau 50 kilometer dari pusat kota Bandung. Air panas yang digunakan di sini berasal dari Gunung Guntur.

Saat ini, pemandian air panas ini telah bertransformasi menjadi sebuah wahana wisata air dengan adaya kolam renang beserta berbagai permainan serunya. Di sini juga tersedia penginapan sehingga Anda bisa beristirahat dari perjalanan dulu sebelum mencoba pemandian air panasnya.

Nah, setelah puas menghabiskan waktu di tempat wisata di Garut tadi, kini saatnya Anda hunting oleh-oleh makanan yang paling terkenal dari kota ini; Dodol Garut!

Artikel Terkait