Liburan Seru Dalam Negeri: Tempat Wisata di Surabaya

Sebagai kota asal Bung Tomo, seorang pejuang Indonesia di masa kemerdekaan yang melegenda, Surabaya menyimpan potensi wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Selain wisata sejarah, Surabaya juga memiliki tempat wisata di Surabaya lain yang tak kalah seru untuk menghabiskan liburan.

1. Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan
Foto : Tugu Pahlawan by sbamueller / CC BY-SA 2.0 / compress from original

Monumen ini merupakan salah satu peninggalan bersejarah yang menceritakan perjuangan Indonesia pada jaman penjajahan dulu. Monumen ini menjadi sebuah simbol dari perjuangan arek-arek Suroboyo dalam melawan tentara penjajah. Berdiri menjulang setinggi 41,15 meter, monumen ini mengambil bentuk sebuah lingga atau paku yang terbalik. Bangunan monumen memiliki badan tiang yang melengkung atau disebut canalures yang berjumlah 10 lengkung, dan terbagi menjadi 11 ruas. 

Semua jumlah struktur bangunan ini bukan sembarang kebetulan, melainkan simbol dari tanggal terjadinya peristiwa perjuangan arek-arek Suroboyo, yakni 10 lengkung untuk tanggal 10, dan 11 untuk bulan ke-11 (November). Berada di dekat Tugu Pahlawan ini, Anda dapat menjumpai Museum 10 November, di mana Anda dapat menemukan makna di balik Tugu Pahlawan tersebut.

2. Patung Buddha Empat Wajah

Foto : Patung Buddha Empat Wajah by Okkisafiree / CC BY-SA 2.0 / compress and crop from original

Patung Buddha ini berada di Pantai Ria Kenjeran, salah satu pantai di Surabaya. Patung Buddha beserta tahtanya ini berdiri setinggi 9 m. Patung Buddha terdiri dari tiga bagian, yakni stupa, patung Buddha-nya sendiri serta singgasana dari Buddha. Selain itu, Patung Buddha ini juga dikelilingi oleh empat pilar; pilar emas atau hijau.

Keempat wajah dari Buddha ini merupakan simbol dari wajah keberuntungan, wajah perdamaian dan kesehatan, wajah perlindungan dari kejahatan, serta wajah hubungan baik.

3. Jembatan Merah

Jembatan Merah Semarang
Foto : Jembatan Merah by Sakurai Midori/ CC BY-SA 2.0 / compress from original

Selain Tugu Pahlawan, tempat wisata di Surabaya ini juga merupakan saksi bisu dari sejarah perjuangan Indonesia melawan tentara sekutu di Surabaya pada 10 November 1945. Di dekat Jembatan Merah ini, Brigjend Mallaby tewas dalam bentokan antara pejuang Indonesia dan tentara Belanda pada tanggal 30 Oktober 1945. Hal ini akhirnya membuat panglima di Jawa Timur mengeluarkan ultimatum agar pejuang Indonesia melakukan gencatan senjata.

Dan kemudian penolakan ultimatum oleh pejuang Indonesia ini menyebabkan tentara Inggris akhirnya menyerang kota Surabaya pada keesokan harinya. Jembatan Merah ini dulunya merupakan tempat pemukiman serta perdagangan bagi orang Eropa, Arab, China, dan Melayu. Kawasan ini juga merupakan sentra perdagangan yang paling padat di Surabaya.

4. Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam
Foto : Monumen Kapal Selam by Adib Wahab/ CC BY-SA 2.0 / compress from original

Monumen ini terdiri dari wujud asli salah satu kapal selam dari TNI Angkatan Laut yang berasal dari satuan Kapal Selam Armada RI di Kawasan Timur bernama KRI Pasopati 410. Kapal ini sempat berjasa dalam upaya menegakkan kedaulatan negara RI di laut, dan salah satu misinya adalah Operasi Trikora.

Dibuat pada tahun 1951 di Vladi Rusia, kapal ini termasuk dalam jenis SS type Whisky Class. Monumen kapal selam ini bisa menjadi salah satu referensi tempat wisata yang menarik untuk berfoto.

5. Ciputra Waterpark
Ciputra Waterpark
Ciputra Waterpark (Foto : ciputrawaterparksurabaya.com)
Bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman bermain air di Surabaya, Anda bisa mengunjungi Ciputra Waterpark yang berada di Surabaya bagian barat. Jangan salah, obyek wisata ini adalah wahana air paling besar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Sesuai dengan namanya, waterpark ini dibangun oleh Perusahaan Ciputra Group di dalam area Citraland.

Di sini Anda akan sangat puas bermain air dengan berbagai wahana, seperti Chimera Pool, Sirens River, Marina Lagoon, Sinbad Playground, Syracuse Beach, atau Roc Tower.

Jika sudah puas berkunjung ke beberapa tempat wisata di Surabaya di atas, Anda juga bisa melanjutkan liburan ke Malang, atau menyebrang lewat Jembatan Suramadu menuju Madura atau menyebrang ke Pulau Bali.

Artikel Terkait