5 Tempat Wisata di Solo yang Harus Dikunjungi

Tempat Wisata di Solo - Surakarta atau Solo merupakan sebuah kota kecil yang berada di provinsi Jawa Tengah. Walaupun ukurannya kecil dengan hanya lima kecamatan, Solo telah menonjolkan dirinya di mata dunia dengan batik Solo yang indah. Jika Anda ingin berkunjung ke kota tetangga Semarang ini, Anda bisa melihat tempat wisata di Solo berikut ini sebagai referensi.

5 Tempat Wisata di Solo yang Harus Dikunjungi


Keraton Kasunanan


Keraton Kasunanan - Tempat Wisata di Solo
Foto : Keraton Kasunanan by AdityaDarmasurya / CC BY 3.0 / compress from original

Seperti keraton di Jogja, Solo yang merupakan daerah dengan budaya Jawa yang kental juga memiliki keratonnya sendiri. Keraton Kasunanan Surakarya Hadiningrat ini merupakan sebuah ikon dari kota Solo. Keraton ini bisa dibilang adalah cikal bakal dari kota Solo atau Surakarta. Bangunan ini dibangun oleh Sunan Paku Buwono II di tahun 1744. Pada suatu sisi dari keraton ini, Anda bisa menjumpai Panggung Sanggabuwana.

Bagian dari keraton ini dipercaya sebagai tempat di mana Susuhunan bersemedi dan kemudian bertemu dengan Nyi Roro Kidul, sang Ratu Pantai Selatan. Jika Anda mengunjungi keraton ini, Anda akan dikenakan beberapa peraturan seperti tidak menggunakan kacamata hitam dan topi, tidak mengenakan celana pendek dan jaket, dan tidak mengenakan sandal. Cukup ribet, ya?

Ngarsopura Night Market


Bagi Anda yang ingin mencari kehidupan malam di Solo, Anda cukup datang ke kawasan Ngarsopura pada hari Sabtu hingga Minggu dari pukul 7 malam hingga pukul 9 malam. Di sini, Anda bisa mencicipi berbagai hidangan kuliner khas Solo atau berbelanja berbagai jenis barang seperti kerajinan dan batik. Sambil santap makan malam, di sini Anda bisa ditemani oleh pertunjukan live dari mulai musik jazz, musik tradisional, atau tarian. Inilah alasan mengapa Ngarsopura menjadi hidup di malam hari.

Museum Batik Danar Hadi


Museum Batik Danar Hadi
Foto : Museum Batik Danar Hadi by Paduan.co/ CC BY 3.0 / compress from original

Dari namanya pastinya Anda bisa menebak koleksi apa yang dimiliki museum ini, bukan? Nama dari museum batik ini diambil dari seorang produsen batik tersohor yang ada di Solo, Danar Hadi. Museum ini memiliki koleksi berbagai motif, corak, serta jenis kain batik tidak hanya dari Solo dan sekitarnya saja, namun dari berbagai belahan Nusantara.

Di sini, Anda bahkan dapat menjumpai koleksi batik hingga 10,000 helai kain. Wih! Karena banyaknya koleksi helai kain batik yang dimiliki oleh museum ini, Museum Batik Danar Hadi dianugerahi penghargaan sebagai museum dengan koleksi kain batik paling banyak oleh Museum Rekor Indonesia (MURI).

Pandawa Water World


Pandawa Water World
Pandawa Water World (Foto : pandawa-lima.com)
Selain museum, tempat wisata di Solo berikutnya adalah sebuah wahana wisata air. Lokasi dari Pandawa Water World ini berada di daerah perbatasan antara kota Solo dengan kota Sukoharjo. Di sini, Anda bisa menjumpai berbagai wahana air seru untuk bermain. Pandawa Water World memiliki lebih dari 27 wahana, seperti Aerated Spa, Action River, Sight Tower, Fantastic Slides, Wave Pool, Warm Spa, dan wahana-wahana air seru lainnya.

Jangan khawatir bagi Anda yang membawa si kecil, karena tersedia juga kolam renang khusus untuk anak dan balita. Walaupun harga tiket masuknya agak mahal, yakni Rp 80,000 di hari kerja dan Rp 100,000 di akhir pekan, wisata wahana air ini tetap diserbu pengunjung karena pengalaman bermain air seru yang bisa didapatkan di sini.

Kampung Batik Laweyan


Obyek wisata belanja ini merupakan salah satu pusat perbelanjaan batik yang ada di Solo. Di sini, Anda bisa berbelanja berbagai produk batik, seperti pakaian, kain, hingga kerajinan bercorak batik. Selain pengalaman berbelanja, Anda juga akan ditemani suasana kota lama karena arsitektur bangunan dan rumah yang ada di Laweyan masih mempertahankan gaya Eropa yang megah.

Setelah berkunjung ke tempat wisata di Solo tadi, Anda bisa menempuh perjalanan lagi untuk mengunjungi kota Semarang, sebuah kota yang tak kalah kaya dengan obyek wisata dibanding Solo.

Artikel Terkait