Tempat Wisata Curug di Bogor: Segarnya Air Terjun Alami yang Dingin

Tempat Wisata Curug di Bogor - Bogor memiliki banyak tempat wisata alam yang menarik dikunjungi, salah satunya wisata air terjun alami yang menyegarkan. Alam pegunungan yang ada di Bogor memikat wisatawan untuk mendatanginya karena beragam aktivitas wisata bisa dilakukan dengan berbagai potensi pariwisatanya.

Di alam pegunungan sendiri, terdapat potensi wisata yang terdiri dari alam hutan, air terjun, lembah, danau, sumber air panas dan sebagainya. Untuk air terjun saja ada banyak jumlahnya baik yang sudah dikelola maupun yang masih alami. Berikut ini ulasan wisata air terjun alami yang ramai dikunjungi di Bogor.


Menikmati Tempat Wisata Curug di Bogor yang Menyegarkan


Di bawah ini 4 tempat wisata curug di Bogor yang bisa Anda coba kunjungi bersama teman, kekasih,ataupun keluarga. Yuk kita intip satu-satu!

Keindahan Curug Seribu di Gunung Bunder


Curug Seribu - Tempat Wisata Air Terjun di Bogor
Curug Sewu (Foto : IG @ridwanarifin09)

Gunung Bunder memiliki air terjun cantik yang ramai dikunjungi yaitu Curug Seribu. Untuk bisa sampai ke sana memang tantangan cukup berat karena harus melewati jurang yang mendebarkan.

Selain udaranya yang sejuk, Curug Seribu juga memiliki pesona keindahan alam yang luar bisa. Jernihnya air yang gemericik akan mengundang siapapun untuk berbasah-basahan. Namun ada larangan mandi di  Curug Seribu karena adanya pusaran air sedalam 10 meter. Tetapi pengunjung diperbolehkan mandi di aliran sungai.

Baca juga : Tempat Rekreasi yang Populer di Bogor

Disebut Curug Seribu dikarenakan banyak air terjun kecil-kecil sebelum menemukan air terjun utama. Di lereng yang udaranya sejuk dan lembah hijau nan memesona, sejauh mata memandang hanya hamparan alam yang hijau.

Suara air terjunnya bergemuruh dari kejauhan membuat efek ketenangan alami. Airnya sejuk, bening, dan bersih. Pada kolam bagian tengahnya mencapai kedalaman 25 meter dan arusnya bergulung. Namun tak menghentikan langkah untuk menikmati pesona alaminya.

Curug Ngumpet: curug nan cantik di Taman Nasional Gunung Halimun Salak


Curug Ngumpet - Tempat Wisata Air Terjun di Bogor
Curug Ngumpet (Foto : IG @hordengcoffee_trip)
Di kawasan Gunung Salak Endah dan Gunung Bunder, Curug Ngumpet adalah salah satu air terjun yang paling menarik. Sebenarnya walaupun namanya ngumpet, padahal tempatnya sangat mudah dikunjungi. Lokasinya hanya sekitar 200 m dari pintu masuk. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 45 m, curahan airnya pun tidak begitu deras atau berisik.

Curug ini berada di Desa Gunungsari, Kec. Pamijahan di kawasan Gunung Salak Endah yang merupakan wilayah Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Dari Kota Bogor jaraknya sekitar 38 km. Curug ini tampak begitu cantik dengan tebingnya yang hijau rapi dipenuhi oleh lumut. Pada kolamnya, kondisinya begitu alami dengan airnya jernih sehingga menggoda siapapun yang melihatnya.

Curug Pangeran: rasakan kejernihan air yang segar dan dingin


Curug Pangeran - Tempat Wisata Air Terjun di Bogor
Curug Pangeran (Foto : IG @setiawan_abdul)
Curug Pangeran berdekatan dengan curug Ngumpet, terkenal akan Banyu Biru atau airnya berwarna biru. Airnya bersih jernih sebening kaca dan terlihat berwarna hijau kebiruan. Ditambah curugnya tidak terlalu tinggi, membentuk kolam yang tidak berbahaya karena tidak dalam. Selain itu pemandangan hutan serta bebatuan yang tertutup lumut di sekitar air terjun menambah kesan sejuk dan alami.

Lokasi Curug Pangeran berada di Kawasan Gunung Salak Endah di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Curug ini ketinggiannya sekitar 6 m saja, namun memiliki pesona keindahan tak kalah memikat. Terutama kondisi airnya jernih dan keberadaan kolam alami yang dalamnya hanya sekitar 2 meter. Di kolam yang indah alami ini kita bisa berenang bebas sambil menikmati segarnya air pegunungan. Kawasan Curug Pangeran juga terdapat area camping untuk yang suka berkemah.

Curug Cigamea: tempat yang cocok untuk me-refresh otak


Curug Cigamea - Tempat Wisata Air Terjun di Bogor
Curug Cigamea (Foto : IG @wiwikuia)

Panorama sejak dari pintu masuk Curug Cigamea sudah terlihat keindahannya. Lokasi Curug ini masih di seputar Gunung Salak dan Gunung Bunder. Terdapat beberapa curug lainnya, antara lain Curug Ngumpet, Curug Cikuray, Curug Seribu, Curug Nangka, Curug Sawer, Curug Pangeran, Curug Luhur, dan Curug Luhur dan masih ada lagi curug lainnya.

Curug Cigamea dapat ditempuh dari arah Ciapus melewati kampus IPB Dramaga, lanjut hingga kawasan Gunung Bunder melalui Cibatok. Bisa juga melalui pintu masuk Pamijahan. Curug Cigamea terletak di Desa Gunung Sari, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor. Sekitar 40 km bila diukur dari pusat Kota Bogor.

Baca juga: Tempat Wisata Kuliner di Jakarta yang Menggoyang Lidah

Curug Cigamea merupakan curug pertama selepas pintu gerbang Kawasan Wisata Gunung Salak Endah. Menuju Curug Cigamea, pengunjung jalan kaki menuruni tangga sekitar 350 m dari pintu masuk. Jalan menuju curug berupa jalan setapak yang terbuat dari batu yang disusun menjadi anak tangga. Kondisi jalannya cukup baik tapi demi keamanan, sepanjang anak tangga diberi pagar besi.

Di sepanjang jalan menuju curug banyak penjual makanan bahkan penjual pakaian untuk baju ganti. Ada pula tempat terapi kaki dengan ikan-ikan kecil.

Curug Cigamea memiliki dua air terjun utama yang airnya sangat jernih dan dingin. Keduanya memiliki ciri masing-masing. Air terjun yang pertama memiliki dinding bebatuan hitam dan kolamnya tidak terlalu luas dan tak terlalu dalam. Air terjun kedua memiliki dinding coklat serta hijau lumut. Kolamnya cukup dalam sehingga anak-anak hanya bermain air di pinggiran.

Perjalanan liburan tentu makin seru dengan bermain air bersama orang-orang terdekat yang kita cintai. Curug-curug yang ada di Bogor menawarkan alternatif wisata alam yang punya nilai alami yang membuat orang ramai mengunjunginya. Untuk itu pilihan curug seperti diatas sangat layak untuk dimasukkan dalam agenda liburan akhir pekan.

Artikel Terkait