Liburan Sambil Belanja: Tempat Wisata di Semarang untuk Shopping

Selain terkenal dengan Lawang Sewu-nya, Semarang bisa menjadi salah satu referensi kota untuk Anda penggila belanja. Simak saja beberapa tempat wisata di Semarang untuk berbelanja berikut ini.



Wisata Belanja Semarang
Wisata Belanja Semarang (Foto : pixabay)

1. Pasar Johar
Salah satu pasar besar yang terletak di tepi kali Semarang ini adalah pasar yang sudah beroperasi sejak 70 tahun yang lalu dan masih menjadi pusat kegiatan ekonomi bagi warga setempat hingga kini. Jika Anda ingin berbelanja oleh-oleh dengan harga murah meriah, Anda bisa mencoba ke sini. Di pasar ini, Anda bisa menemukan banyak jenis pedagang, mulai dari pakaian, sepatu, btik, tas, kain untuk gorden, DVD, peralatan rumah tangga, hingga buah-buahan.

Selain bangunan utama, di sekitarnya juga ada pedagang lain seperti makanan, aneka jam tangan, batu akik, kacamata, hingga souvenir pernikahan. Semua dagangan ini dapat Anda peroleh dengan harga murah plus kesempatan untuk menawar. Sebaiknya gunakan pakaian yang nyaman jika ke sini, karena pasar ini kerap dipadati pengunjung sehingga suhu menjadi panas.

2. Pasar Semawis
Jika Pasar Johar menawarkan segala macam dagangan lengkap, lain lagi dengan Pasar Semawis. Pasar ini memang dapat Anda jadikan sebagai ajang belanja, namun hanya belanja makanan. Pasar Semawis yang hanya buka hari Jumat sampai Minggu malam, tepatnya pukul 6 sore hingga 11 malam ini adalah surganya kuliner di Semarang. Di pasar ini, Anda dapat menjumpai ratusan pedagang makanan dengan berbagai jenis kuliner. Menariknya, tak hanya jenis kuliner lokal, tapi ada juga kuliner yang berasal dari Pakistan, Arab dan India.

Selain itu, menjelang perayaan tahun baru Imlek, Pasar Semawis akan ramai dengan dekorasi serba merah ala China. Tak hanya dekorasi, Anda juga dapat menyaksikan pertunjukan seni dan budaya dari China, seperti opera klasik, wushu, barongsai, wayang potehi (wayang khas Tionghoa), konsultasi Feng Shui, seni kaligrafi, sampai pengobatan tradisional China. Wih!

3. Kampung Batik Semarang
Dari namanya, pasti Anda sudah bisa menebak produk apa yang paling mendominasi di tempat wisata di Semarang ini. Ya, batik! Di sini, Anda bisa hunting batik bermotif khas Semarangan yang jika dilihat cukup mirip dengan corak batik Pekalongan. Selain berbelanja, Anda juga bisa menambah wawasan budaya dan sejarah Anda dengan mempelajari sejarah batik serta belajar membuat batik. Seru, bukan?

Anda bisa mempelajari sejarah batik Semarang sekaligus belajar membuatnya dengan sekitar 600 motif batik Semarang atau biasa disebut Semarangan. Batik Semarangan memang agak mirip dengan corak batik Pekalongan yang banyak mengusung gambar flora dan fauna, namun bedanya, motif batik Semarangan lebih condong pada budaya China. Selain itu, ciri khas dari batik Semarangan yang lain adalah mengusung ikon kota Semarang seperti Tugu Muda, Lawang Sewu, atau buah asam.

4. Pasar Burung Karimata
Nah, pasar di Semarang kali ini didedikasikan untuk para pecinta burung. Terutama bagi Anda yang memelihara burung di rumah, di sini Anda bisa menjumpai berbagai perlengkapan pemeliharaan burung, sekaligus burung untuk hewan peliharaan. Selain pedagang burung dan perlengkapannya, Anda juga bisa menemui tempat komunitas pecinta burung untuk berbagi informasi seputar burung serta lomba unik seperti lomba kicau burung. Satu-satunya pasar burung di Semarang yang sudah resmi ini bisa Anda temukan di Jalan Kartini.

Lihat, kan? Berbelanja tidak harus selalu mahal dan bergaya. Hal yang terpenting adalah mendapatkan barang otentik dan khas dengan harga yang sepadan, serta pengalaman berbelanjanya. Selain 4 tempat wisata di Semarang untuk berbelanja tadi, Anda juga bisa mencoba berkunjung ke Pusat Belanja Simpang Lima, Kampoeng Semarang atau Pasar Gang Baru. Happy shopping!

Artikel Terkait