Berlibur di Jawa Barat: Tempat Wisata di Purwakarta

Berada di provinsi Jawa Barat, Purwakarta merupakan sebuah kota yang berbatasan dengan kabupaten Karawang, Bandung, serta Cianjur. Jika Anda mengunjungi kota ini, simak panduan tempat wisata di Purwakarta berikut ini :

1. Waduk Jatiluhur

Waduk Jati Luhur - Tempat Wisata di Purwakarta
Foto : Dance of Fishes by Prayudi Hartono / CC BY 2.0 / resize from original

Sebuah obyek wisata danau ini memiliki lahan danau yang sangat luas, yakni mencapai 8,3 hektar. Wow! Danau ini mendapat pasokan air dari Sungai Citarum yang kemudian dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan irigasi, air minum serta untuk kelangsungan budidaya perikanan.


Di obyek wisata yang berada di kecamatan Jatiluhur, tepatnya 9 km jauhnya dari pusat kota Purwakarta ini, Anda dapat menikmati sejumlah fasilitas wisata yang cukup lengkap. Di antaranya adalah restoran, bungalow, kolam renang, bumi perkemahan, hingga lapangan tenis.

Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru dengan menggunakan fasilitas olahraga air dan sarana rekreasinya. Oh iya, untuk menikmati waduk, Anda juga bisa menelusurinya dengan perahu sewaan.


2. Waduk Cirata

Waduk Cirata
Foto : Senja di Cirata by Husni Mubarok / CC BY-SA 2.0 / resize and crop from original

Purwakarta juga memiliki wisata waduh lain, yakni Waduk Cirata. Tahukah Anda jika ternyata, Waduk Cirata ini merupakan PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) yang paling besar yang ada di Asia Tenggara. Wih! Terletak di kecamatan Plered atau berjarak sekitar 15 km dari pusat kota Purwakarta, danau ini menjadi obyek wisata alam yang cukup digemari pengunjungnya.

Memiliki luas lahan wisata mencapai 62 km persegi, Anda dapat menjumpai sebuah sentra jajanan makanan khas Purwakarta di perjalanan menuju Waduk Cirata. Di pusat jajanan tersebut Anda dapat membeli makanan dari singkong yang difermentasi, yakni peuyeum. Selain sentra jajanan, ada juga sentra industri keramik dari Plered serta pemandangan alam yang hijau di sepanjang Plered hingga Waduk Cirata.

3. Situ Buleud
Waduk Cirata
Situ Buleud (Foto : IG @arfian_arashi)

Dibangun oleh RA Suriawinata di tahun 1930, Waduk Cirata yang memiliki luas lahan mencapai 4 hektar ini sempat dijadikan sebagai tempat peristirahan serta melepas lelah habis bekerja seharian pada masa kolonial Belanda.

Situ Buleud yang berbentuk kolam bundar ini merupakan tempat mandi badak saat kota Purwakarta masih berbentuk hutan belantara. Kini, Situ Buleud menjadi salah satu tempat wisata di Purwakarta yang cukup diminati banyak pengunjung untuk dijadikan tempat rekreasi serta tempat berolahraga warga. Danau ini juga termasuk sebagai bagian dari paru-paru kota Purwakarta.

4. Sentra Pembuatan Keramik Plered

Sentra Pembuatan Keramik Plered
Foto : Art Background Bowl Ceramic / CC0 1.0 Universal / resize from original

Bagi Anda yang tertarik dengan kerajinan seni dari Plered, Anda bisa mengunjungi pusatnya langsung di kecamatan Plered, tepatnya di desa Anjun. Plered yang berada di Purwakarta dikenal sebagai pusat pembuatan keramik terkenal yang bahkan produknya sudah merambah ke pasar internasional, seperti Jepang, Thailand, Singapura, dan negara lainnya.

Sudah sejak tahun 1904, Plered menjadi pusat keramiknya Purwakarta yang dapat Anda tempuh sejauh 13 km dari pusat kota Purwakarta. Di sini, Anda bisa mempelajari berbagai kerajinan keramik, mulai dari gerabah, porselen, hingga terakota.

5. Gedung Negara dan Gedung Kresidenan
Bangunan obyek wisata yang satu ini dibuat di tahun 1854, tepatnya saat masa penjajahan kolonial Belanda. Hingga sekarang, bangunan ini sendiri masih mempertahankan arsitektur khas Eropa seperti aslinya. Anda bisa menjumpai gedung ini di Jalan Gandanegara nomor 25.

Selain itu, ada juga Gedung Kresidenan yang terletak di Jalan KK Singawinata. Gedung ini juga berkonsepkan khas Eropa dengan ornamen antiknya. Kini, gedung peninggalan penjajah Belanda ini dijadikan Kantor Badan Koordinasi Wilayah IV Purwakarta. Bangunannya yang antik dapat menjadi sangat photogenic di kamera!

Setelah asyik mengunjungi tempat wisata di Purwakarta tersebut, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Purwakarta, Sate Maranggi!

Artikel Terkait