Tempat Wisata di Jogja yang Menarik Dikunjungi

Sebuah provinsi yang menyimpan banyak cerita sejarah dan budaya khas Jawa ini akan sangat menarik untuk dikunjungi. Dengan berbagai obyek wisata alam, budaya dan sejarah, Jogjakarta menjadi sebuah destinasi wisata pilihan di dalam negeri. Nah, ini dia rangkuman tempat wisata di Jogja yang dapat menjadi referensi.

Tempat Wisata di Jogja yang Menarik Dikunjungi


Candi Prambanan: Salah Satu Spot Wisata Sekaligus Mendapat Ilmu Pengetahuan


Candi Prambanan - Tempat Wisata di Jogja
Candi Prambanan (Foto : pixabay)

Ikon pariwisata Jogjakarta ini merupakan sebuah komplek candi megah yang bercorak Hindu. Bahkan, Candi Prambanan adalah komplek candi Hindu terbesar yang ada di Asia Tenggara. Selain itu, kekayaan budaya Candi Prambanan juga telah diakui dunia lewat UNESCO yang menyatakan candi ini sebagai salah satu Warisan Dunia.

BACA JUGA: Candi Prambanan: Harga Tiket Masuk, Letak, Foto dan Rute Lokasi

Terletak di perbatasan antara Jogjakarta dan Jawa Tengah, candi ini mulai dibangun di abad ke-8, tepatnya di tahun 850 Masehi. Komplek Candi Prambanan hingga kini masih berfungsi untuk tempat ibadah umat Hindu, sekaligus menjadi obyek wisata terkenal di Yogyakarta.

Pantai Parangtritis: Pantai dengan Hawa Mistis yang Kental


Pantai Parangtritis - Tempat Wisata di Jogja
Pantai Parangtritis (Foto : pixabay)

Jogjakarta juga memiliki sebuah obyek wisata alam yang menawarkan keindahan pantai. Parangtritis adalah sebuah pantai dengan hawa mistis yang menyelubunginya, salah satunya karena legenda yang hidup di balik pantai indah ini. Legenda tentang Kanjeng Ratu Kidul yang tumbuh di antara warga lokal kemudian memunculkan sebuah peraturan unik, yakni dilarang menggunakan pakaian bewarna hijau selama berada di lokasi pantai ini.

Selain membuat murka Ratu Pantai Selatan karena mengenakan warna pakaian yang sama dengan dirinya, pakaian bewarna hijau ini dipercaya sebagai penyebab banyaknya pengunjung yang hilang terbawa ombak laut. Di luar legenda ini, Anda dapat menyaksikan pemandangan pantai dengan hamparan pasir kecoklatan serta perbukitan bewarna hijau yang melingkupi kawasan pantai.

Malioboro: Surganya Belanja Murah di Jogja


Jalan Malioboro - Tempat Wisata di Jogja
Foto : An andong driver feed his horse in Malioboro street. by djongiskhan / CC BY 2.0 / compress from original

Malioboro yang merupakan nama sebuah jalanan di Jogjakarta ini adalah surganya belanja dan kuliner di Jogja. Di pagi hingga sore hari, Anda bisa berkunjung ke Pasar Beringharjo untuk hunting oleh-oleh dan barang-barang lain dengan harga bersahabat. Di jalanan Malioboronya sendiri, Anda bisa mencoba kebolehan dalam tawar-menawar berbagai barang di sana.

BACA JUGA: Bingung Cari Tempat Makan Romantis di Jogja? Ajak Pasanganmu Kesini

Sedangkan pada saat malam hari, Anda dapat mencicipi berbagai macam kuliner khas Jogjakarta di warung-warung tenda yang membuka lapak sepanjang jalan Malioboro. Ternyata, Malioboro dulunya merupakan sebuah jalanan yang dipergunakan untuk rute upacara, dan benar saja, Anda bisa membentuk sebuah garis lurus dari Keraton Jogjakarta menuju Gunung Merapi yang melewati Jalan Malioboro.

Keraton Jogjakarta: Tempat yang Menentramkan Hati dan Menyejukkan Jiwa


Keraton Yogyakarta
Foto : Keraton Jogjakarta by Gunawan Kartapranata / CC BY-SA 2.0 / compress from original

Tempat wisata di Jogja yang satu ini merupakan sebuah ikon wisata budaya Jogjakarta. Keraton Jogjakarta ini juga menjadi pusat kegiatan dari para sultan Jogja, yang merupakan gubernur dari provinsi Daerah Istimewa Jogjakarta. Anda bisa menjumpai Bangsal Kencono, yang merupakan sebuah paviliun dengan tahta emas. Bangsal Kencono ini menjadi sebuah contoh kesenian dari Jawa yang menggambarkan keberagaman budaya serta agama daerah.

Salah satu hal unik di sini adalah, Anda tidak akan menemukan penjaga militer di sini walaupun keraton ini merupakan tempat yang vital di Jogjakarta. Konon katanya, keraton ini telah dilindungi oleh kekuatan dari makhluk halus, sehingga tak membutuhkan penjaga manusia.

Goa Jomblang: Wisata Extreme, Siap-siap Uji Nyali dan Siapin Isi Dompet Juga 


Goa Jomblang - Tempat Wisata di Jogja
Foto : Goa Jomblang by César González Palomo / CC BY-SA 2.0 / compress from original

Hal yang menarik dari gua ini adalah fenomena yang dinamakan Cahaya Surgawi. Hal ini diambil dari pemandangan masuknya sinar matahari dari pintu gua sehingga terlihat seperti cahaya kehidupan di gua yang gelap.

Jika Anda menelusuri dasar gua ini, Anda dapat menemukan lorong yang terbentuk alami dan merupakan penghubung Goa Grubug dan Goa Jomblang. Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan dalam gua dengan stalagmit dan stalaktit yang tersebar di lantai dan langit gua.

Pendaftaran masuk Goa Jomblang ditutup pada jam 10.00 WIB, pastikan Anda datang pagi hari. Harga tiket masuk Goa Jomblang cukup mahal itu dikarenakan peralatan yang digunakan merupakan standard safety untuk vertical caving dan tenaga manusia untuk menarik keatas.

Nah, itulah tempat wisata di Jogja yang dapat Anda jadikan referensi untuk berwisata di Kota Gudeg ini. Selamat liburan di Jogjakarta!

Artikel Terkait