Menambah Wawasan Budaya Lewat Tempat Wisata di Bali

Selain keindahan alam terutama pantainya, Bali yang didominasi oleh agama Hindu ini juga memiliki banyak potensi wisata budaya yang akan sangat menarik untuk dikunjungi. Beberapa tempat wisata di Bali ini sangat menarik dan cocok untuk menambah wawasan budaya Anda.

1. Pura Tanah Lot

Tanah Lot, Bali - Tempat Wisata di Bali
Foto : Tanah Lot, Bali by Kevin Poh / CC BY 2.0 / resize from original

Selain Pantai Kuta, Tanah Lot juga termasuk sebagai ikon pariwisata Bali karena keunikan obyek wisatanya. Di sini selain Anda akan mendapatkan pemandangan pantai yang indah dengan hiasan batu-batu karang bewarna hitam, Anda juga dapat melihat sebuah gugusan batu karang yang berdiri di atasnya sebuah pura megah kepunyaan umat Hindu.

Uniknya, pura ini hanya dapat dikunjungi dengan melewati jalan setapak yang melintasi air laut, sehingga saat air sedang pasang, jalanan tersebut dapat terendam air hingga Anda tidak dapat mengunjungi pura. Pura yang dinamakan Pura Tanah Lot ini masih beroperasi sebagai tempat ibadah umat Hindu sekaligus sebagai obyek wisata terkenal. Pura yang masih menjadi bagian dari Pura Dang Kahyangan ini dibangun untuk memuja para dewa penjaga laut.

2. Pura Suci Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu
Foto : Pura Luhur Uluwatu by Mark Doliner / CC BY-SA 2.0 / resize from original

Pulau Bali yang didominasi agama Hindu ini masih memiliki pura lain yang kaya akan nilai budaya. Salah satu pura yang menjadi obyek wisata terkenal di Bali adalah Pura Suci Uluwatu. Pura ini berdiri di atas gugusan batu karang yang menjulang tinggi dan menjorok ke laut, sehingga pemandangannya semakin unik dan indah.

Pura ini merupakan Pura Sad Kayangan yang merupakan sebuah penyangga dari sembilan mata angin dalam ajaran Hindu. Daya tarik obyek wisata lainnya adalah pertunjukan tari kecak yang sangat menarik dan memperkaya wawasan budaya. Pertunjukan tari kecak ini dapat Anda nikmati tiap harinya pada jam 6 sore.

3. Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Garuda Wisnu Kencana
Foto : garuda wisnu kencana by Rollan Budi / CC BY-SA 2.0 / resize from original

Tempat wisata di Bali yang dapat memperkaya wawasan budaya Anda berikut ini merupakan sebuah obyek wisata yang baru dibangun beberapa tahun silam. Sejak dibangun, GWK ini kemudian menjadi salah satu ikon pariwisata terkenal di Bali yang jarang dilewatkan para wisatawan. Berdiri menjulang setinggi 12 meter, patung ini berbentuk Dewa Wisnu yang digambarkan sedang menunggangi Garuda.

Patung terkenal ini berada di dalam komplek Garuda Wisnu Kencana Cultural Park. Patung ini terdiri dari tiga bagian, yakni bagian kepala dan badan Dewa Wisnu, bagian kepala Garuda dan bagian tangan Dewa Wisnu. Patung ini direncanakan akan melebihi tinggi Patung Penebus Dosa di Brazil, bahkan Patung Liberty di Amerika, namun sayangnya sedang terhambat masalah investor.

4. Desa Trunyan

Desa Trunyan
Foto : Desa Trunyan by Yusuf IJsseldijk / CC BY 2.0 / resize from original

Sebuah desa unik ini tepatnya berada di dekat Danau Batur, yang berada di kawasan Kintamani. Di sini, Anda bisa mempelajari budaya Bali yang masih mempertahankan cara pemakaman tradisional. Anda dapat menyaksikan pemakaman atau yang disebut sema Bali asli yang sangat menarik, karena jenazah hanya diletakkan di atas tanah begitu saja kemudian dipagari oleh anyaman bambu.

Namun yang aneh, para mayat ini tidak mengeluarkan bau sama sekali sehingga tidak akan mengganggu Anda selama berwisata. Hal ini ternyata disebabkan oleh pohon Taru Menyan yang dapat mengeluarkan bau harum sehingga dapat menetralisir bau busuk dari para mayat tersebut. Nama desa ini pun dipercaya berasal dari pohon harum ini.

5. Desa Ubud

Desa Ubud
Foto : Rice terrace by Jos Dielis / CC BY 2.0 / resize from original

Selain Desa Trunyan, desa budaya lainnya di Bali adalah Desa Ubud. Desa ini menyimpan hamparan sawah yang hijau dan indah, serta kawasan pedesaan yang masih alami. Pada kawasan pedesaan ini juga menyimpan atraksi wisata lain yang tak kalah menarik seperti Monkey Forest, Goa Gajah, Gunung Kawi, Pasar Seni Ubud, wisata kopi Bali, dan obyek wisata lainnya.

Anda bisa menghabiskan beberapa waktu di Desa Ubud untuk dapat memperoleh wawasan budaya Bali. Desa Ubud terletak di kabupaten Gianyar.

Selain berkunjung ke tempat wisata di Bali yang dapat menambah wawasan budaya Anda, akan lebih baik lagi jika Anda melengkapinya dengan wisata sejarah dan kuliner di Bali.

Artikel Terkait