Tempat Wisata di Manado : Indahnya Alam Bawah Laut Nusantara

Tags

Tempat Wisata di Manado - Sebuah kota yang berada di provinsi Sulawesi Utara ini menjadi terkenal salah satunya karena Taman Laut Bunaken dan kekayaan bawah lautnya yang dapat Anda nikmati dari berbagai sudut lainnya. Jika Anda ingin menyaksikan keindahannya sendiri, coba saja mengunjungi tepat wisata di Manado untuk selam berikut ini.

Tempat Wisata di Manado : Indahnya Alam Bawah Laut Nusantara


Pulau Lembeh


Pulau Lembeh
Pulau Lembeh (Foto: IG @edwinsandy)
Selain Pulau Siladen, Anda juga dapat mengunjungi Pulau Lembeh, sebuah pulau lain yang dapat menyuguhkan Anda keindahan khas pantai. Sepertinya Manado memang dikaruniai oleh keindahan bawah laut pada berbagai sudutnya, karena di Pulau Lembeh ini Anda juga dapat menyaksikan kecantikan terumbu karang serta ikan-ikan hias yang berenang di sekitarnya.


Selain menyaksikan keindahan pantai dengan menyelam di 88 titik selam yang tersedia di sini, Anda juga bisa menyewa perahu nelayan untuk menelusuri pantai selama 3 hingga 4 jam lamanya.

Pulau Siladen


Jika Anda ingin berlibur di sebuah pulau yang indah baik dari atas laut hingga bawah laut, Pulau Siladen yang berada di Manado ini dapat menjadi jawabannya. Pulau Siladen adalah salah satu pulau yang cantik yang dapat Anda tempuh dengan kapal motor dari Pelabuhan Manado selama 45 menit. 

Pulau ini akan menyuguhkan Anda keindahan atas laut dari hamparan pasir putih dan kejernihan air laut yang bewarna biru, serta keindahan bawah laut dari beberapa titik selam seperti Siladen 1 serta Siladen 2. Jangan khawatir, Pulau Siladen sudah dilengkapi dengan fasilitas wisata yang memadai seperti penginapan berbentuk homestay sehingga Anda dapat menikmati paket lengkap liburan di sini.

Taman Laut Bunaken


Taman Laut Bunaken
Taman Laut Bunaken (Foto: IG @nuke_290469)

Tempat wisata di Manado yang satu ini pastinya sudah pernah Anda dengar sebelumnya. Taman Laut Bunaken merupakan salah satu obyek wisata bahari yang benar-benar menunjukkan keindahan bawah laut Indonesia.

Saking indahnya terumbu karang dan ikan-ikan hias di sekitarnya pada Taman Laut Bunaken, obyek wisata ini bahkan sudah diakui oleh dunia lewat penghargaan sebagai World Heritage atau Warisan Dunia dari UNESCO di tahun 2005 lalu. Di sini, Anda sudah tidak perlu meragukan keindahan bawah laut dengan berbagai jenis terumbu karang dan ikan-ikan hiasnya.

Untuk menikmati pemandangan bawah laut di sini, Anda bisa melakukan penyelaman dari 39 spot selam yang berbeda.

Taman Laut Tumbak


Jika Taman Laut Bunaken memiliki 39 titik selam yang berbeda, Taman Laut Tumbak memiliki 20 titik selam seperti Taman Karang, Pintu Samudera, Bohaga Mangrove, Bohaga Kecil, Napoo Kipas, dan lainnya yang dapat Anda selami untuk menikmati pemandangan bawah laut Manado yang sangat cantik.

Taman Laut Tumbak dapat menjadi alternatif lain jika Anda ingin menjadi saksi lukisan Tuhan di bawah laut selain di Taman Laut Bunaken, terutama jika Anda ingin berwisata dengan lebih nyaman, karena belum banyak wisatawan yang mengetahui tentang obyek wisata bahari yang satu ini.

Untuk dapat menjangkau Taman Laut Tumbak, Anda harus berkendara selama sekitar 3 jam lamanya dari pusat kota Manado.

Pantai Malalayang


Pantai Malalayang
Pantai Malalayang (Foto: IG @laskar_bapontar)

Berjarak 4 kilometer dari pusat kota Manado, Anda dapat menjumpai Pantai Malalayang ini. Di sini, Anda juga dapat menyaksikan keindahan bawah laut Manado dengan menyelam di beberapa titik selam yang tersedia di Pantai Malalayang.

Menariknya lagi, Pantai Malalayang ini memiliki hamparan pasir bewarna hitam yang unik dan berbeda dari pantai pada umumnya. Untuk menambah lengkap liburan Anda di pantai ini, Anda bisa menyantap kuliner khas Manado yaitu pisang goreng dengan sambal dabu-dabu.

Nah, itu dia tempat wisata di Manado yang dapat Anda kunjungi untuk menyelam. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda penggemar alam bawah laut.

Artikel Terkait