Daftar Tempat Wisata di Pontianak yang Terkenal dan Menarik

Tempat Wisata di Pontianak - Kabupaten Pontianak ternyata menyimpan obyek wisata yang indah dan menarik. Apa saja wisata yang ada di Pontianak? Berikut infonya.

Sebagai ibu kota dari Kalimantan Barat, Pontianak adalah sebuah kota yang cukup berkembang pesat di berbagai bidang, termasuk pariwisata. Walaupun Pontianak memiliki suhu yang cukup panas, namun bukan berarti tempat wisata di Pontianak menjadi kalah indah dan menarik dari kota lainnya.

Daftar Tempat Wisata di Pontianak yang Terkenal dan Menarik


Tugu Khatulistiwa


Tugu Khatulistiwa
Tugu Khatulistiwa (Foto: IG @okyvirgiawan)

Nah, monumen ini merupakan sebuah monumen kebanggaan milik Pontianak. Tugu ini terletak di jarak 3 km dari pusat kota Pontianak. Tugu ini adalah sebuah simbol dari kota Pontianak yang dilintasi oleh garis khatulistiwa, tepatnya juga pada tugu ini.

Baca juga: Rekomendasi 7 Tempat Honeymoon Bagus di Indonesia

Bangunan tugu terdiri dari tugu utama yang memiliki empat pilar dari kayu belian, di mana dua pilar belakang lebih tinggi dibandingkan dua pilar depan. Anda juga dapat menjumpai tulisan EVENAAR yang berada di antara kedua pilar di bagian belakang.

Selain tugunya sendiri, Anda juga dapat memasuki museum yang memberikan informasi tentang garis khatulistiwa ini. Selain itu, Anda juga bisa membeli cinderamata yang menjual versi minatur dari Tugu Khatulistiwa.

Rumah Betang Radakng


Rumah Betang Radakng
Rumah Betang Radakng (Foto: IG @intan_karaka)

Rumah ini adalah sebuah replika dari rumah adat milik suku Dayak yang berada di Kalimantan Barat. Rumah Betang Radakng adalah sebuah tempat wisata di Pontianak yang sengaja dibangun oleh pemerintah setempat untuk menjadi tempat rekreasi sekaligus melestarikan budaya setempat.

Rumah adat yang dibangun di Jalan Sultan Syahrir yang berada di kawasan Kota Baru ini rupanya merupakan rumah adat terpanjang yang ada di Indonesia, lho. Rumah ini memiliki panjang hingga 138 m, lebar rumah 5 m serta tingginya mencapai 7 m.

Rumah ini mengusung konsep rumah panggung panjang, yang berarti bahwa semakin banyak anggota keluarganya, maka akan semakin panjang rumah adatnya, karena suku Dayak umumnya memilih tinggal bersama keluarga di bawah satu atap yang sama. Menarik, ya?

Taman Alun-Alun Kapuas


Taman Alun-Alun Kapuas
Taman Alun-Alun Kapuas (Foto: IG @monichi_91)

Sungai Kapuas yang melewati kota Pontianak kemudian dimanfaatkan sebagai obyek wisata di sana. Sementara sungainya digunakan sebagai sarana transportasi, bagian tepi sungai dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi, yakni Taman Alun-Alun Kapuas ini.

Obyek wisata rekreasi ini dipadati oleh pengunjung baik sore hingga malam hari. Anda dapat menjumpai taman alun-alun yang berdiri di atas lahan seluas 3 hektar ini di persis di depan kantor walikota.

Pada salah satu sudut taman, Anda dapat menemukan replika Tugu Khatulistiwa. Selain itu, ada juga bangku-bangku taman untuk duduk santai sambil menyantap hidangan kuliner khas Kalimantan.

Sinka Island Park


Pontianak juga memiliki sebuah taman rekreasi terpadu yang terletak di Singkawang, tepatnya di Teluk Ma'jantuh. Sinka Island Park ini terdiri dari kawasan pantai, kolam renang, juga kebun binatang.

Baca juga: Menjelajah Sisi Lain Nusantara: Tempat Wisata di Indonesia yang Horror

Kebun binatangnya dinamakan Sinka Zoo, yang merupakan kebun binatang mini dengan koleksi sejumlah 200 ekor dan 62 spesies hewan. Ada juga Pantai Banjau, yang menjadi kawasan pantai di sini. Pada Pantai Banjau, Anda akan bertemu dengan pantai yang bertepikan bebatuan, sehingga Anda tidak bisa berenang atau menikmati halusnya pasir di sini.

Jika ingin berenang, Anda bisa berenang di kolam renang yang tersedia. Selain itu, melewati sebuah jembatan kayu, Anda dapat menyebrang ke Pulau Simping, sebuah pulau yang dipercaya sebagai pulau terkecil di dunia. Tertarik?

Museum Kalimantan Barat


Museum Kalimantan Barat
Museum Kalimantan Barat (FotoL IG @tommy_jarwana)

Nah, untuk Anda yang ingin mengenal Pontianak atau Kalimantan Barat lebih dekat lagi, Anda tentunya harus mengunjungi museum ini. Museum ini juga biasa disebut sebagai Museum Negeri Pontianak.

Terletak di Jalan Jendral Ahmad Yani, museum ini terbagi menjadi tiga zona, di mana pada masing-masing zonanya menyimpan berbagai koleksi yang berbeda. Dari artefak temuan yang ada di Kalimantan Barat, benda-benda peninggalan kerajaan, kerajinan budaya dan seni dari Suku Dayak, hingga koleksi keramik yang berasal dari China.

Oh iya, selain bermain ke tempat wisata di Pontianak tadi, Anda wajib menyempatkan diri untuk mencicipi salah satu sajian khas dari Pontianak, yaitu kwetiau goreng sapi yang pastinya lezat!

Incoming search terms:


  • tempat wisata di pontianak
  • obyek wisata di pontianak
  • tempat wisata yang ada di pontianak

Artikel Terkait