Tempat Wisata di Banjarmasin yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Banjarmasin - Penasaran dengan destinasi wisata di Banjarmasin yang menarik untuk dikunjungi bersama kerabat atau keuarga? Simak info berikut.

Tempat Wisata di Banjarmasin yang Wajib Dikunjungi


Menjadi ibu kota dari provinsi Kalimantan Selatan, Banjarmasin yang dilewati oleh banyak sungai ini menawarkan tempat wisata di Banjarmasin yang dapat menunjukkan pada Anda akan kekayaan alam serta budaya yang dimiliki Kalimantan.

Pasar Terapung


Pasar Terapung
Pasar Terapung (Foto: IG @ariniarzq)

Ingat sebuah iklan dari salah satu televisi swasta yang menggunakan pasar terapung sebagai latar belakangnya? Nah, ini dia tempat yang digunakan sebagai latar tersebut, Pasar Terapung! Pasar yang dapat mengapung ini sudah menjadi landmark dari kota Banjarmasin.

Pasar Terapung ini berada di atas muara Sungai Barito yang terletak di kelurahan Kuin Utara. Pasar ini menjadi sangat menarik dan diminati para wisatawan yang berkunjung ke Banjarmasin karena pedagang di sini menggunakan kapal kayu untuk bertransaksi, jadi Anda akan menaiki berbagai kapal kayu untuk membeli barang di sini.

Mulai dari pedagang pakaian, makanan hingga hasil kebun dapat Anda jumpai di sini. Pasar ini hanya buka dari pukul 5 pagi hingga pukul 7 pagi saja, jadi harus bangun pagi, ya!


Taman Maskot


Taman Maskot
Taman Maskot (Foto: IG @enessabdi)

Sesuai nama tempat wisata di Banjarmasin ini, taman ini memiliki dua maskot dari kota Banjarmasin, yakni pohon kasturi dan bekantan. Pada gerbang masuk Taman Maskot, Anda akan menjumpai sebuah patung bekantan yang berukuran manusia dewasa.

Kemudian tidak jauh dari patung bekantan tersebut di bagian belakangnya, terdapat sebuah patung pohon kasturi, lengkap dengan sejumlah monyet yang bergelantungan. Pada bagian kanan gerbang masuk, Anda akan menjumpai sebuah rumah tanaman yang di dalamnya terdapat banyak tanaman lidah buaya, kaktus, serta sejumlah jenis tanaman lain di dalam pot.

Berada di tengah kota Banjarmasin, tempat wisata ini sudah dilengkapi dengan fasilitas wisata yang memadai seperti arena bermain anak, bangku taman dan bangku taman.

Taman Siring Sungai Martapura


Selain Pasar Terapung, obyek wisata ini juga memanfaatkan kawasan sungai untuk dijadikan daya tarik. Taman ini berlokasi di tepi Sungai Martapura dan akan ramai dikunjungi terutama pada sore hari.

Dari taman ini, Anda bisa menyaksikan keindahan sungai beserta aktivitas perahu khas Banjarmasin yang disebut Jukung di atas sungai. Kegiatan yang dapat Anda lakukan di sini adalah memancing, duduk-duduk di pinggir sungai, berkuliner ria di berbagai warung taman, atau Anda bisa bergabung dengan komunitas pemuda yang biasa bermain BMX atau skateboard di sini.

Pulau Kembang


Pulau Kembang
Pulau Kembang (Foto: IG @anyacipta)

Masih berada di kawasan sungai, pulau ini berada di tengah-tengah Sungai Barito. Pulau ini merupakan habitat asli bagi monyet dan sejumlah jenis burung. Menurut warga setempat, terdapat seekor monyet besar yang konon adalah raja monyet di Pulau Kembang.

Menariknya lagi, di Pulau Kembang terdapat sebuah kuil beserta altar yang memiliki arca berbentuk Hanoman, seekor monyet putih yang merupakan sebuah tokoh perwayangan. Jika Anda mengunjungi pulau ini, berhati-hatilah membawa barang-barang Anda karena monyet di sini terkenal penasaran sehingga kerap mengambil barang-barang pengunjung.

Museum Wasaka


Nama Wasaka adalah sebuah singkatan dari Waja Sampai Kaputing, yang rupanya merupakan motto perjuangan masyarakat Kalimantan Selatan. Museum yang berbentuk rumah adat Banjarmasin dengan panggung dan atap bangunan yang tinggi ini menyimpan berbagai koleksi peninggalan di Banjarmasin mulai dari mesin ketik, senjata seperti keris dan senjata api Belanda, hingga seragam perjuangan.

Untuk melengkapinya, Anda juga bisa melihat koleksi foto yang terpampang di dalam museum. Ada juga daya tarik lain yakni teks proklamasi yang uniknya dibuat pada tahun 1949, tepatnya di tanggal 17 Mei. Hal ini berbeda dengan teks proklamasi yang diketahui banyak orang, karena ternyata Kalimantan saat itu belum termasuk dalam NKRI hingga masih harus berjuang sendiri untuk kemerdekaan pulaunya.

Salah satu kota di Pulau Kalimantan ini tidak kalah indah dengan segala tempat wisata di Banjarmasin tadi, bukan? Saat mengunjungi berbagai tempat wisata tersebut, jangan lupa untuk mengabadikannya, ya!

Artikel Terkait