Tempat Wisata di Aceh yang Menarik Dikunjungi

Tags

Tempat Wisata di Aceh - Berikut ini beberapa rekomendasi destinasi wisata di Aceh yang menarik untuk dikunjungi. Simak infonya!

Tempat Wisata di Aceh yang Menarik Dikunjungi


Nangroe Aceh Darussalam, sebuah provinsi yang sempat diluluhlantakan oleh tsunami pada tahun 2004 yang lalu kini sudah bangkit dan berkembang, salah satunya pada bidang pariwisata. Ada banyak obyek wisata menarik yang berada di Aceh. Simak saja tempat wisata di Aceh di bawah ini.

Masjid Raya Baiturrahman


Masjid Raya Baiturrahman
Masjid Raya Baiturrahman (Foto: IG @ruhulhameh)

Anda ingat dengan kejadian tsunami Aceh di tahun 2004 lalu? Salah satu bangunan yang tidak ikut runtuh seperti bangunan lain di sana adalah masjid ini, sebuah masjid yang dibuat di tahun 1612 oleh Sultan Iskandar Muda.

Baca juga: Tempat Wisata di Medan yang Menarik Dikunjungi

Bangunan masjid ini terdiri dari tubuh bangunan bewarna putih dan kubah masjid bewarna hitam, serta tujuh menara yang mengelilingi masjid. Untuk melengkapi keindahannya, Anda bisa menjumpai sebuah kolam besar di bagian depan masjid.

Kemegahan masjid yang berdiri dengan cantik ini bahkan sudah diakui dunia lewat situs Huffington Post yang memasukkan masjid ini dalam 100 Masjid Terindah di Dunia, serta situs Yahoo! yang memasukkan masjid ini dalam 10 Masjid Terindah di Dunia. Hebat, ya?

Air Terjun Blang Kolam


Air Terjun Blang Kolam
Air Terjun Blang Kolam (Foto: IG @luthfanauzan69)

Salah satu obyek wisata alam di Aceh ini terletak di desa Sidomulyo yang berada di sebelah utara Aceh. Anda bisa menjumpai air terjun ini dengan menempuh perjalanan selama 30 menit dari pusat kota Lhokseumawe.

Air Terjun Blang Kolam memiliki air terjun kembar yang mengalir dengan indah dari ketinggian sekitar 75 meter. Di sekitar lokasi air terjun, terdapat pepohonan rindang yang sangat alami dan hijau untuk melengkapi kecantikan air terjun ini.

Di sini, Anda bisa menikmati air terjun dengan bermain air, berendam di dalam kolam air terjun atau sekedar duduk-duduk santai di pinggir kolam air terjun. Selain kegiatan tersebut, Anda juga bisa berkemah di kawasan Air Terjun Blang Kolam ini.

Pantan Terong


Pantan Terong
Pantan Terong (Foto: IG @ameliasiddik)

Sebuah wisata alam yang berbentuk bukit dengan ketinggian 1,830 mdpl ini sangat menarik untuk dikunjungi karena Anda dapat melihat pemandangan Danau Laut Tawar, keindahan provinsi Aceh dari ketinggian, serta momen matahari terbit serta matahari tenggelam yang sangat cantik.

Jangan lupa untuk membawa pakaian hangat jika berkunjung ke tempat wisata di Aceh ini ya, karena udaranya cukup dingin.

Pantai Lampuuk


Pantai Lampuuk
Pantai Lampuuk (Foto: IG @ibrahimothman)

Aceh juga memiliki obyek wisata pantai, salah satunya adalah Pantai Lampuuk. Pantai ini juga biasanya disebut sebagai Pantai Kuta versi Aceh. Di sini, Anda akan menemui pemandangan hamparan pantai yang melengkung dan terbentang sangat luas mencapai 5 km.

Pada ujung pantai ini, Anda dapat menjumpai sebuah tebing karang yang melengkapi panorama alam Pantai Lampuuk. Banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan di sini, seperti berenang, berjemur, berselancar, bermain banana boat, bahkan Anda juga dapat melepas tukik ke laut karena di pantai ini banyak dilakukan kegiatan pelestarian penyu.

Pantai ini juga sudah dilengkapi dengan penginapan berbentuk cottage, sehingga Anda bisa menginap di sini jika masih belum puas menikmati pemandangan pantai.

 Museum Tsunami


Museum Tsunami
Museum Tsunami (Foto: IG @m.fikririmai391)

Museum ini dibangun untuk mengabadikan sebuah momen yang sempat meluluhlantakan Aceh di tahun 2004 silam. Tsunami besar yang menerjang sebagian provinsi ini akhirnya memberi inspirasi untuk pembangunan museum ini yang sekaligus didedikasikan untuk para korban yang meninggal karena tragedi naas itu.

Dibangun pada tahun 2009, museum ini terletak di Jalan Sultan Iskandar Muda. Museum ini sangat menarik dan dapat dengan sempurna membawa Anda pada momen-momen Tsunami Aceh. Di dalam museum ini, anda dapat berjalan di sebuah lorong panjang yang menyuarakan gemuruh ombak serta kucuran air yang mirip seperti sedang terjadi tsunami.

Selain itu, Anda dapat melihat berbagai foto dari kejadian tsunami tersebut seperti benda sisa tsunami, foto-foto korban meninggal dan kesaksian dari korban yang selamat. Ada juga alat simulasi elektronik gempa bumi, dan museum ini juga digunakan sebagai pusat pendidikan sekaligus tempat berlindung jika ada tsunami yang datang.

Nah, bagaimana? Tempat wisata di Aceh tadi sangat menarik sekali untuk dikunjungi, bukan? Selain mengunjungi tempat wisatanya, jangan lupa mencicip kuliner khas Serambi Mekkah ini, ya.

Artikel Terkait